Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Layanan Cloud Storage Gratis dan Terbaik

Beberapa-Layanan-Cloud-Storage-Gratis-dan-Terbaik

Semenjak perkembangan internet semakin melesat, media penyimpanan kini menawarkan alternatif baru yaitu cloud storage (penyimpanan awan). Media penyimpanan cloud storage ini berkaitan erat dan sangat mengandalkan jaringan internet. Sebagai media penyimpanan online, cloud storage menawarkan berbagai kelebihan yang sangat menguntungkan. 

Penyimpanan fisik mencakup banyak server (terkadang di beberapa lokasi), dan lingkungan fisik biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting. Penyedia penyimpanan awan ini bertanggung jawab untuk menjaga agar data tersedia dan dapat diakses, dan lingkungan fisik terlindungi dan berjalan. Orang (individu) dan organisasi membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia untuk menyimpan data pengguna, organisasi, atau aplikasi.

Saat ini bukan zamannya lagi hanya mengandalkan hardisk dan flashdisk sebagai media penyimpanan data.

Layanan penyimpanan cloud dapat diakses melalui layanan komputasi awan colocation, antarmuka pemrograman aplikasi (API) layanan web atau oleh aplikasi yang menggunakan API, seperti penyimpanan desktop cloud, gateway penyimpanan awan atau sistem manajemen konten berbasis Web.

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menawarkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. 

Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

Menyimpan file menggunakan cloud storage saat ini lebih banyak diminati karena berbagai alasan. Kita tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau ada kerusakan seperti yang bisa terjadi saat Kita menyimpan file melalui hardisk atau flashdisk. 

Selain itu, karena keseluruhan data disimpan ke dalam server, keamanannya pun lebih sangat terjamin dan tidak mungkin hilang. Data yang telah Kita simpan juga dapat diakses sewaktu-waktu. Ditambah lagi data juga dapat Kita akses melalui perangkat gadget apa saja asalkan terkoneksi dengan internet.

Layanan penyimpanan data menggunakan cloud storage bisa Kita dapatkan secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Apabila menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Kita bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai dengan kebutuhan. 

Selanjutnya, perkembangan cloud storage pada saat ini bekembang sangat pesat sekali. Beberapa contoh media cloud storage yang sangat populer saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive dan Dropbox.

Sejarah Cloud Storage

Cloud Storage atau Komputasi Awan diyakini telah ditemukan oleh Joseph Carl Robnett Licklider pada 1960-an dengan karyanya pada ARPANET untuk menghubungkan orang dan data dari mana saja kapan saja.

Pada tahun 1983, CompuServe menawarkan kepada para pengguna konsumer sejumlah kecil ruang disk yang dapat digunakan untuk menyimpan file apa pun yang mereka pilih untuk diunggah.

Pada tahun 1994, AT&T meluncurkan Layanan PersonaLink, sebuah platform online untuk komunikasi pribadi dan bisnis serta kewirausahaan. Penyimpanan ini adalah salah satu yang pertama untuk menjadi berbasis web secara keseluruhan, dan direferensikan dalam iklan mereka sebagai, "Anda dapat menganggap tempat rapat berbasis elektronik kami sebagai awan."

Selanjutnya, Amazon Web Services memperkenalkan layanan penyimpanan cloud mereka AWS S3 pada tahun 2006, dan telah mendapatkan pengakuan dan adopsi luas sebagai pemasok penyimpanan untuk layanan populer seperti SmugMug, Dropbox, dan Pinterest. Pada tahun 2005, Box mengumumkan berbagi file online dan layanan manajemen konten cloud pribadi untuk bisnis.

Cara Kerja Cloud Storage

Proses penyimpanan data ke media penyimpanan cloud storage dapat diartikan dengan mengirim salinan ke penyedia layanan cloud atau hosting lewat jaringan internet. 

Selanjutnya, server akan memberikan Kita akses untuk mendownload atau melakukan perubahan saat Kita ingin membuka data-data Kita tersebut. Biasanya layanan cloud storage ini tidak hanya mengandalkan satu server saja. 

Sebagian besar aplikasi pada cloud storage juga tidak perlu melakukan instalasi karena sudah terpasang pada media internet, misalnya adalah Google Drive. Kita hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan membuat akun untuk bisa menggunakan Google Drive. 

Seperti yang telah Kita ketahui bahwa Google Drive ini dibawa oleh salah satu perusahaan besar yakni Google Inc maka yang bertindak sebagai server adalah pihak Google itu sendiri. Dan Kita juga sudah mengetahui bahwa reputasi Google itu seperti apa.

Beberapa Layanan Cloud Storage Gratis

Cloud Storage adalah layanan tempat penyimpanan online. Biasanya, file yang bisa Kita simpan di cloud storage adalah audio, video, gambar, dokumen, dan beberapa tipe lainnya. Sayangnya, tidak semua layanan cloud storage bisa menyimpan semua jenis file karena ada yang hanya melayani penyimpanan file audio atau gambar saja.

Beberapa layanan cloud storage memang ada yang gratis dan berbayar. Untuk layanan berbayar storage premium, biasanya kapasitasnya memang lebih besar. 

Namun, Kita tidak usah khawatir karena cloud storage premium juga memberikan storage gratis yang bisa di-upgrade kapan pun yang dapat Kita manfaatkan untuk keperluan penyimpanan data.

Berikut di bawah ini beberapa layanan Cloud Storage yang bisa Kita dapatkan dengan gratis:

1. Google Drive

Sepertinya, cloud storage yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Kita. Bagi Kita yang telah memiliki email berbasis Google, umumnya sudah bisa menggunakan Google Drive ini.

Jika sudah memiliki akun Google, Kita akan mendapatkan 15GB ruang penyimpanan dari Google Drive. Kapasitas ini tentu mampu menyimpan berbagai file yang terhubung dengan Google mail, Google+, hingga Google Docs.

Layanan Google ini memang sharing dengan Gmail dan Google Photo, dan ruang penyimpananya masih cukup lumayan sangat lega.

2. MEGA

Jika Kita mendaftarkan akun di MEGA, Kita akan mendapatkan 20GB ruang penyimpanan kosong gratis. Layanan ini dibangun dari pendahulunya itu Megaupload di mana Kita dapat mengunggah ke server dan mengunduh dari server-nya.

3. MediaFire

MediaFire memberikan 10GB ruang penyimpanan kosong. Untuk menambahkan ruang penyimpanan gratis, Kita bisa mencoba program referral atau unduh aplikasi.

4. OneDrive

OneDrive adalah layanan dari Microsoft, yang langsung tersedia bagi pengguna Windows 8 dan Windows 8.1 serta Windows 10. Kita dapat menyimpan berbagai jenis file seperti video, foto serta dokumen lainnya.

Ketika Kita membuat akun Microsoft, Kita akan langsung mendapatkan 5GB ruang penyimpanan gratis dari OneDrive.

5. Dropbox

Dropbox juga menjadi salah satu Cloud storage yang banyak digunakan di Indonesia. Layanan penyimpanan ini memiliki fitur khusus serta mudah digunakan. Layanan ini bisa diakses dari Windows, Linux, Mac, iOS, Android hingga Blackberry.  

Dropbox adalah layanan cloud storage asal Amerika yang memberikan gratis ruang penyimpanan dengan kapasitas sebesar 2GB. Kita cukup mendaftarkan e-mail di website dropbox untuk mendapatkan cloud storage gratis.

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage

Dengan menggunakan cloud storage resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil sebab data disimpan oleh hosting ke dalam server. Pemakaian cloud storage juga tidak membutuhkan perangkat keras, karena cloud storage hanya mengandalkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya. 

Pada saat ini banyak media penyimpanan online yang tidak dipungut biaya, sehingga secara finansial sangat membantu Kita untuk menghemat budget. Cloud storage juga merupakan media penyimpanan yang ramah lingkungan karena tidak membutuhkan perangkat sehingga tidak akan meninggalkan limbah.

Demikian informasi singkat mengenai cloud storage. Media penyimpanan berbasis online ini merupakan pilihan tepat untuk digunakan karena mudah, gratis dan memberikan banyak keuntungan yang lainnya. 

Namun untuk bisa mendapatkan layanan cloud storage dengan kapasitas yang sangat besar Kita harus menyiapkan dana lebih.

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Beberapa Layanan Cloud Storage Gratis dan Terbaik"