Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Untuk Mempercepat Website

Cara-Mudah-Untuk-Mempercepat-Website

Kecepatan sebuah website merupakan hal primer yang bisa menarik calon customer atau pengunjung. Apalagi, apabila website itu aman dan selalu dapat diandalkan. 

Namun, bagaimana caranya? Melalui artikel yang singkat ini, Kita akan menilik cara meningkatkan kecepatan suatu website dengan mudah yang diawali dalam menggunakannya, penyebab kenapa Kita perlu mempunyai suatu website yang cepat.

Menghadapi zaman yang serba cepat sekarang ini, semua orang ingin suatu yang menarik tetapi bisa diperoleh secara cepat dan mudah. Jika tidak sanggup penuhi paling tidak 2 (dua) ketentuan tersebut, usaha yang Kita lakukan mungkin tidak selancar misalnya yang diinginkan. 

Mengingat sebuah website adalah merupakan salah satu elemen primer untuk meraih para customer atau pengunjung hingga menaikkan penjualan (bila website tersebut adalah sebuah website usaha online) atau rating atau traffic, telah jelas jika Kita memerlukan website yang lancar dan aman supaya saat pengunjung sebuah website Kita melakukan suatu pembelian, mereka merasa aman dan terbantu tanpa mengalami permasalahan yang sangat berarti.

Inilah kunci yang dapat memudahkan Kita untuk memiliki kecepatan website yang lebih tinggi. Siapa pun Kita, ketika membahas tentang cara mempercepat website, Kita tidak perlu menjadi sebagai seorang IT yang handal untuk dapat menjalankannya. 

Hal yang Kita butuhkan artinya harapan untuk belajar, plugin/ alat buat mengelola sebuah website, dan akses internet. 

Berikut di bawah ini akan Kita bahas secara singkat bagaiman cara mempercepat sebuah website satu per satu.

Tema Website

Kita juga perlu memilih sebuah tema yang sesuai agar dapat mencegah durasi loading laman yang lelet. Menggunakan tema website yg responsif dan ringan tetapi permanen kelihatan apik. Sesuaikan tema dalam menggunakan tujuan dari sebuah website Kita.

Pilihan Hosting

Apakah hosting dapat mempengaruhi kecepatan sebuah website? Pastinya, karena kecepatan hosting dapat mempengaruhi kenaikan peringkat SEO sampai nilai penjualan usaha online (bila sebuah websitenya adalah website usaha online) milik Kita.

Periksa Kecepatan

Periksa terlebih dahulu kecepatan website Kita pada GTmetrix atau Google Page Speed Insights. Jangan senang  dahulu ketika mengamati sebuah angka yang tinggi, lantaran nilai 100/100 memang sedikit tidak realistis. Tetapi kebalikannya, Kita tidak boleh pesimis bila nilai yang ditunjukkan kurang memuaskan.

Optimasi Dimensi Gambar

Tiap-tiap tulisan atau suatu konten yang Kita unggah selalu membutuhkan gambar supaya makin mudah teroptimasi oleh SEO. Usai memakai tema yang pas, ingat lakukan optimasi juga dalam gambar yang akan Kita unggah. 

Ada dua cara yang bisa Kita lakukan buat memperkecil gambar yang akan Kita unggah, yaitu:

Cara Manual

Cara ini dapat anda lakukan sendiri dengan memperkecil dimensi piksel atau mengkompres gambar yg diunggah ke tulisan atau konten. 

Kita dapat memakai banyak sekali tools misalnya Tiny JPG buat memperkecil gambar, pelaksanaan photoscape buat kurangi dimensi piksel gambar, atau fitur edit photo yang dimiliki oleh WordPress. 

Berikut ini adalah langkah yang bisa Kita terapkan untuk dapat kurangi dimensi piksel gambar pada WordPress.

  • Pilih “Media” dalam menu di laman primer wordpress Admin. Berikutnya Kita akan ditunjukan ke perpaduan gambar yang telah Kita unggah dulu. Pilih photo yang ingin diperkecil.
  • Di sebelah kanan atas adalah keterangan terkait gambar yg ditampilkan. Klik Edit Image.
  • Gantilah nomor dimensi pada kanan atas, lantas klik Scale. Misalnya Kita ganti angka 1440×697 menjadi 600×290. Sesudah itu, jangan lupa klik tombol “Save” yang ada pada bawah gambar.
  • Selesai!

Bila dikerjakan dengan benar, sekarang dimensi gambar dalam artikel Kita semestinya telah makin kecil pikselnya.

Cara Langsung/ Otomatis

Cara langsung ini bisa amat membantu Kita dalam mengoptimasi sebuah gambar yang akan Kita unggah untuk keperluan sebuah konten. 

Tetapi sebelumnya, pastikan website Kita telah menggunakan plugin LiteSpeed Cache yang telah teraktivasi. Disebut otomatis lantaran Kita cuma perlu mengirimkan satu kali permintaan optimasi gambar ke sentra LiteSpeed, selesainya itu gambar yang masih ada pada website Kita telah teroptimasi secara langsung.

Berikut ini cara mempercepat sebuah website dengan memakai image optimization lewat LiteSpeed Cache yang bisa Kita pelajari:

  • Kunjungilah halaman primer WordPress Admin. Arahkanlah kursor ke menu LiteSpeed Cache, lantas pilih Image Optimization.
  • Klik Send Optimization Request lantas Kita cuma perlu menanti sampai gambar dalam website Kita selesai dioptimasi.

Lakukan Pembaruan Sistem CMS Secara Berkala

Jika memakai wordpress, mungkin Kit kerap mengamati pemberitahuan ini pada halaman primer CMS. Jangan terlampau sering menghiraukan pemberitahuan ini. 

Jika tidak dalam kondisi buru-buru atau sibuk, coba luangkan waktu sebentar buat menjalankan pemeriksaan dalam plugin aktif pada website Kita, lantaran pembaruan sistem dan plugin pun bisa sangat mempengaruhi kecepatan dalam website pula.

Menggunakan Widget Seperlunya

Kita tidak perlu menaruh semua widget sampai website Kita kelihatan penuh, lantaran hal itu bisa merugikan kedua belah pihak, baik website atau pun pengunjung, karena mereka akan kesulitan mengakses konten dalam website Kita. 

Disamping itu, Kita tidak perlu menjalankan embed ke media umum milik Kita, cukup lampir kan saja logo yang diikuti link ke media sosial Kita.

Kesimpulan

Itulah cara mempercepat sebuah website yang bisa Kita terapkan pada website Kita. 

Disamping kecepatan, keamanan website dan konten yang bermutu pun merupakan aspek utama yang menjadi penyebab kenaikan jumlah pengunjung di website Kita. 

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah dalam menentukan atau pemilihan provider hosting, pastikan lah website Kita memakai cloud hosting yang telah super cepat sebagai akibatnya kecepatan hosting website tidak lagi jadi hambatan buat Kita.

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Mudah Untuk Mempercepat Website"