Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang RAM: Random Access Memory

Tentang-RAM:-Random-Access-Memory

RAM yang merupakan kepanjangan dari Random Access Memory (Bahasa Inggris), merupakan hardware yang terdapat di dalam perangkat gadget yang terdapat pada komputer, laptop, dan smartphone.

RAM ini berguna sebagai area penyimpanan data untuk sementara dan cuman bekerja sewaktu perangkat itu hidup atau beroperasi. Maksudnya adalah bahwa ketika perangkat elektronik yang ketika dioperasikan oleh sebuah software program akan menggunakan sebuah RAM untuk menempatkan data untuk penyimpanan sementara.

RAM adalah suatu alat (hardware) yang terdiri dari IC-IC dan chip yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data sementara pada sebuah PC/Laptop. 

Kapasitas RAM di dalam sebuah perangkat akan begitu sangat berpengaruh terhadap tingkat kecepatan proses suatu data di perangkat itu. Dan hasilnya ketika suatu perangkat yang telah dioperasikan pada saat dalam proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan software program akan semakin cepat serta disesuaikan juga dengan besarnya RAM pada komputer/ gadget itu.

Jenis-jenis RAM

Berdasarkan Kecepatannya (Nanosecond)

Berdasarkan Cara Kerja

  • Dynamic RAM (DRAM)

Dynamic RAM merupakan tipe atau jenis RAM yang di-segarkan atau refresh oleh Central Processing Unit (CPU) secara berkala sehingga data yang tersedia di dalamnya tidak akan hilang.

Kelebihan dari D RAM ini adalah kesederhanaan struktural dikarenakan sekedar membutuhkan satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan 4 (empat) buah transistor S RAM.

  • First Page Mode DRAM (FPM DRAM)

FPM DRAM (First Page Mode DRAM) merupakan tipe RAM dinamis dengan akses halaman cepat yang memastikan kinerja yang lebih tinggi daripada DRAM konvensional. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16 MHz hingga 66 MHz dengan akses waktu hingga 50ms.

  • Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)

Extended Information Out Random Access Memory atau EDO RAM merupakan model-model RAM yang digunakan terhadap perangkat aplikasi OS Pentium dan cocok dipasang terhadap komputer yang memiliki dengan bus mencapai 66 Mhz. Style memori ini bisa melaksanakan proses penyimpanan dan mengambil data didalam pada saat bersamaan.

Type memori ini pada umumnya digunakan untuk menggantikan primary memori yang tersedia terhadap komputer terdahulu yakni FPM RAM. Sebab mampu menyimpan dan membaca secara bersamaan, maka kecepatan baca tulis terhadap EDO RAM sanggup lebih cepat juga.

  • Synchronous DRAM (SDRAM)

Sychronous Dynamic Random Access Memory atau SDRAM merupakan RAM lanjutan berasal dari DRAM. Tetapi model-tipe RAM ini yang sudah mengalami sinkronisasi oleh clock system/ platform. Pada umumnya, SDRAM lebih cepat dibandingkan DRAM.

Kecepatan RAM ini dapat mencapai 100 sampai 133 Mhz. Karakteristik-Karakteristik berasal dari SD RAM sendiri adalah terdapat dua celah terhadap bagian kakinya dan diletakkan terhadap slot DIMM/SD RAM di motherboard, dan juga dapat menampung memori sampai 1 Gb.

  • Rambus DRAM (RDRAM)

Rambus Dynamic Random Access Memory atau RDR RAM proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal berasal daripada SD Ram. Tipe SD RAM ini digunakan terhadap perangkat komputer yang telah menggunakan Pentium 4 bersama dengan slot memori mencapai 184 pin.

Model RAM ini memakai slot RIMM yang mirip bersama SD RAM. Merupakan suatu teknologi chip dinamis yang merupakan besutan Rambus, Inc. Tipe ini punya lisensi spesifik untuk teknologi semi konduktor yang memproduksi chip.

  • Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)

Double Rate Random Access Memory atau DDR RAM merupakan tipe-tipe RAM dengan teknologi lanjutan berasal dari SD RAM. RAM ini dapat menjalankan dua instruksi sekaligus didalam satuan kala yang mirip. Tipe RAM ini punya kapasitas 184 pin dan konsumsi kekuatan listrik yang lebih rendah.

DDR RAM ini juga mempunyai generasi terbaru, yaitu DDR2, DDR3 dan DDR4 yang merupakan pengembangan berasal dari DDR RAM. Tipe RAM ini pada umumnya digunakan terhadap laptop guna untuk menghemat energi listrik dan lebih maksimal bersama dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori model ini pun memadai besar sampai 16 GB per chip nya.

  • NV RAM

Non Volatile Random Access Memory atau NV RAM merupakan style memori komputer dengan akses acak yang biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware layaknya EFI, BIOS, atau firmware-firmware lainnya terhadap perangkat embedded misalnya router.

Terhadap umumnya NV RAM dirancang bersama dengan manufaktur CMOS sehingga daya yang dibutuhkan juga kecil. Untuk menghidupkannya sehingga data yang disimpan tidak akan hilang, maka NV RAM mengenakan baterai Litium bersama Cr-2032. Data yang telah tersimpan terhadap memori ini pun tidak akan hilang meskipun daya dimatikan.

Untuk Video

  • Video GRAM (VGRAM)

VGRAM (Video Graphic Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang spesifik untuk video adapter biasanya digunakan untuk menyimpan kadar pixel bagi suatu paparan grafik bersama dengan kapasitas VGRAM yang menentukan suatu kualitas yang berasal dari suatu gambar.

  • Windows RAM (WRAM)
  • Synchronous Graphic RAM (SGRAM)
  • Static RAM (SRAM)

Static Random Access Memory atau S RAM ini merupakan style-type RAM yang sanggup menyimpan data di dalamnya tanpa mesti tersedia penyegaran atau refresh berasal dari CPU. Type RAM ini miliki proses kerja yang lebih cepat daripada D RAM dan SD RAM.

Memiliki desain cluster enam transistor yang berfungsi untuk menyimpan tiap tiap bit info. Desain inilah yang memicu S RAM lebih mahal dan lebih cepat. Secara fisik chip, biaya pe-manufakturan chip pun kira-kira 30 kali lebih besar daripada D RAM. 

Tetapi sayangnya, S RAM punyai kekurangan yaitu biaya produksi yang mahal. Hal ini yang menyebabkan persediaanya hanyalah di dalam kapasitas kecil dan dipergunakan untuk bagian yang benar-benar sangat penting saja.

Berdasarkan Module

  • Single Inline Memory Module (SIMM)
  • Double Inline Memory Module (DIMM)
  • RIMM (Rambus)

Berdasarkan Jumlah Pin: 30 pin, 72 pin, 168 pin

Komponen RAM

Tentang-RAM:-Random-Access-Memory

Jenis menjelaskan model (Variasi) RAM berdasarkan teknologi yang digunakannya, layaknya SDRAM, DDR atau DDR2. Hal ini kadang juga disebut sebagai “Interface”. Contohnya: Visipro DDR 256mb PC266 artinya mengenakan teknologi DDR.

Berikut di bawah ini penjelasan secara singkatnya:

Capacity

Capacity memberitahukan/ menjelaskan seberapa besar kapasitas penyimpanan sebuah data pada suatu RAM di dalam satuan Gigabyte (Gb) atau Megabyte (Mb). 

Kapasitas merupakan faktor terpenting terhadap suatu RAM dikarenakan fungsinya sebagai penyimpan data. Contoh: Visipro DDR2 512mb PC4300 yang artinya suatu RAM tersebut mempunyai kapasitas 512 Megabyte.

FSB

FSB adalah kepanjangan dari Front Side Bus, artinya adalah besar jalur data antara Processor dam RAM didalam satuan Megahertz. 

Satuan FSB Processor dan RAM harusnya miliki angka yangg serupa sehingga sebuah data bisa ditransfer secara optimal dan maksimal. Contoh: Visipro DDR2 256mb PC3200 yang artinya mempunyai FSB 400mhz (PC3200 dibagi 8 byte).

Fungsi

Kegunaan, menjelaskan tentang kegunaan pada suatu RAM, contohnya Unbuffered (digunakan terhadap Desktop), ECC atau Registered (Keduanya digunakan terhadap Server). 

Unbuffered merupakan model RAM biasa yang digunakan oleh komputer secara generik, ECC (Error Correction Code) biasa dipakai terhadap komputer Workstation / Low End Server dan untuk ECC Registered biasa dipakai terhadap Medium to High End Server. 

Contoh: Visipro DDR2 1Gb PC4300 ECC Registered artinya mempunyai fungsi ECC Registered terhadap modulnya.

Bandwith

Bandwith merupakan besarnya data yang bisa ditransfer atau diolah di dalam waktu satu detik (Satuan Mb/s atau Megabyte per-secon). 

Umumnya dewasa ini RAM DDR/DDR2 mencantumkan bandwidth terhadap Module Ram. Bandwidth dapat didapat berasal dari perkalian FSB x Arsitektur. 

Bandwith adalah nilai yang menunjukkan banyaknya data yang dapat di transfer dalam waktu satu detik. Satuan bandwith adalah Mb/s. Bandwith menunjukkan kinerja yang sesungguhnya dari suatu RAM. 

Secara teori bandwith dapat dihitungkan menggunakan rumus sebagai berikut:

Bandwith = Arsitektur x FSB

Arsitektur RAM adalah 64-Bit (8byte), agar jikalau DDR PC266 mempunyai FSB 266 Mhz mirip bersama dengan 266 Mhz x 8 byte = 2100 Mb/s. Ini artinya bahwa DDR PC266 (FSB) serupa dengan dengan DDR PC2100 (Bandwidth). Contoh: Visipro DDR2 512mb PC4300 artinya mempunyai bandwidth 4300mb/s.

IC

Jumlah IC menjelaskan berapa banyaknya chip (IC) yangg dipasang terhadap module RAM. Semakin sedikit jumlah IC nya, semakin tinggi densitas (Kapasitas per-IC). 

Contoh terhadap RAM standar 4, 8, 16 IC. Terhadap RAM ECC punyai jumlah IC 9 & 16, dan terhadap ECC Registered punya jumlah IC 9 & 16 ditambah 1 ICC yg berguna sebagai Registered. 

Contoh: Visipro DDR 256mb dapat mempunyai 4, 8 atau 16 Ic. Apabila memakai 4IC artinya densitas IC = 64mb, 8IC = 32mb & 16IC = 16mb. 

Dan perlu diketahui, bahwa IC yang dipasang hanya pada satu sisi keping RAM disebut Single-Side (4, 8, 9 IC), sedangkan yang dipasang terhadap dua keping RAM disebut Double-Side (16 & 18 IC).

Struktur RAM

Adapun 4 (empat) struktur RAM diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input.
  2. Program storage, digunakan untuk menyimpan seluruh instruksi-instruksi program yang akan diakses.
  3. Working storage, digunakan untuk menyimpan information yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir berasal dari pengolahan sebuah data yang akan ditampilkan ke alat output.

Ciri-ciri RAM yang Rusak

Selanjutnya adalah mengenai ciri-ciri RAM yang mengalami kerusakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kinerja terhadap sebuah program (software) PC/ laptop semakin menurun.
  2. Komputer/laptop kerap Restart sendiri.
  3. Tiba-tiba layar komputer Blue Screen.
  4. Berbunyi apabila sedang booting. 
  5. Berbunyi apabila mengganti slot.
  6. Terhadap kipas berbunyi “Krek krek krek”.
  7. Ketika menyalakan HDD LED, akan tetap menyala akan tetapi tidak dapat melakukan booting, dan tidak terdengar suara lain hanya sekedar kipas.
RAM yang rusak parah (barangkali) akan dideteksi oleh CPU bersama bunyi BEEP ERROR Code, namun RAM yang kerusakannya kira-kira 30 Prosen, akan lolos diuji hardware ketika booting tetapi akan error bila diguanakan untuk lakukan penginstallan atau kerap blue screen. Biasanya ketika akan hendak menginstall software kerap gagal.

Fungsi/ Kegunaan RAM

Adapun fungsi/ kegunaan utama pada suatu RAM adalah untuk mempercepat pemrosesan data terhadap perangkat. Tak heran apabila semakin besar kapasitas RAM yang dipasang, maka akan semakin cepat juga perangkat itu bekerja. 

Berikut fungsi/ kegunaan RAM yang lainnya:

  1. Bisa menyimpan data / information yang berasal berasal dari piranti masuk hingga data/ information dikirim ke ALU atau Arithmetic Logic Unit untuk diproses.
  2. Sanggup digunakan untuk menyimpan data/ information hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
  3. Sanggup menampung program atau intruksi yang berasal berasal dari piranti masuk atau berasal dari piranti pengingat sekunder.
  4. Mampu mempercepat proses pengolahan data/ information.

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Tentang RAM: Random Access Memory"