Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Hardware, Software, dan Brainware

Tentang-Hardware,-Software,-dan-Brainware

Komponen Komputer merupakan gabungan dari berbagai komponen hardware, software, dan brainware yang memiliki fungsi untuk menjalankan atau mengoperasikan sebuah komputer dan saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Perangkat komputer tidak bisa berdiri sendiri, karena saling berhubungan antara perangkat satu dengan perangkat yang lainnya.

Komponen komputer merupakan semua piranti elektronik yang terdapat di dalam sebuah komputer. Piranti elektronik ini biasa disebut sebagai perangkat keras komputer atau hardware, yang bisa dibeli secara terpisah di toko komputer jika ingin merakit sebuah komputer sendiri.

Komponen komputer bisa dikategorikan menjadi dua macam, yaitu utama dan tambahan. Kategori pertama mutlak diperlukan agar sebuah komputer bisa menyala atau berfungsi. Sedangkan yang kedua, biasa disebut sebagai peripheral, sifatnya sebagai pelengkap saja atau untuk menambahkan fungsi dari komputer tersebut.

Semua komponen komputer tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, maka akan menjadikan setiap komponen dapat saling terhubung dan bekerjasama untuk membuat komputer bekerja dengan baik dan lancar.

Layaknya sebuah rumah, komponen komputer akan selalu update dan selalu baru. Sebab kebutuhan komputer semakin beragam, dan semakin canggih untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Banyak hal yang bisa Kamu lakukan dengan perangkat komputer seperti bermain game, membuat video, menjalankan aplikasi seperti aplikasi di smartphone, dan melakukan tugas-tugas yang lainnya.

Sebuah sistem komputer terdiri dari tiga komponen utama yaitu: hardware, software dan brainware. Setiap komponen memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, pengoperasiannya juga berbeda antara satu komponen dengan komponen yang lainnya.

Hardware [Perangkat Keras]

Hardware adalah perangkat keras dimana perangkat ini erat kaitannya dengan komputer. Hardware tentu sudah tidak asing lagi bagi Kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer. Akan tetapi, bagi mereka yang masih jarang bersentuhan dengan dunia komputer tentu masih minim pengetahuannya tentang hardware itu sendiri.

Hardware adalah perangkat keras komputer yang dapat disentuh dan terlihat secara kasat mata serta memiliki fungsi untuk mengoperasikan sebuah komputer. Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya.

Hardware adalah peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, proses, dan output.

Hardware juga memiliki beberapa fungsi dari perangkat itu sendiri. Fungsi utama dalam hardware disini meliputi banyak hal. Seperti dalam hal menampilkan dan menerima input proses, memberikan output, mendukung kerja komputer, serta mengolah informasi/data yang berada di dalam maupun luar komputer.

Selanjutnya, hardware komputer terbagi menjadi 4 (empat) bagian yaitu input device, output device, processing device dan storage device.

1. Input Device (Perangkat Masukan)

Salah satu jenis hardware yang berguna untuk memasukkan informasi maupun data. Baik itu dalam bentuk video, teks, gambar, audio, dan yang lainnya ke dalam sebuah komputer. 

Berikut beberapa contoh dari hardware komputer, yaitu:

a. Mouse

Mouse (tetikus) adalah hardware atau perangkat keras yang berguna untuk menggerakkan dan mengarahkan pointer. Mouse juga berfungsi untuk men-scroll halaman kebawah, dan memberikan arah untuk meng-klik dengan menekan tombol pada mouse.

Selain itu, dengan menggunakan mouse, user/pengguna juga akan lebih mudah dalam memilih menu apa saja yang diinginkan pada komputer.

Fungsi tombol pada mouse klik kiri sekali untuk memilih, klik kiri dua kali untuk membuka dokumen, klik kanan untuk melihat opsti pada icon. 

Selanjutnya, tombol scroll kalau di klik akan menjadi schrol otomatis, pada browser klik tengah berfungsi untuk menutup tap.

b. Keyboard

Jenis hardware yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam memasukkan angka, simbol, dan huruf-huruf ke dalam komputer.

Perangkat ini adalah alat yang memiliki banyak sekali tombol. Fungsi dari Keyboard adalah untuk memasukkan huruf, angka dan symbol untuk membuat data dan informasi. 

Tak hanya itu saja, keyboard juga memiliki tombol tombol dengan fungsi khusus seperti Shift + f3 untuk menganti huruf menjadi kapital semua atau besar kecil.

c. Scanner

Berguna mengubah dokumen dari hard copy menjadi soft copy. Jenis hardware yang satu ini umumnya sangat penting untuk digunakan. Dikarenakan, ada banyak orang yang sangat memerlukannya untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang penting dengan adanya tanda tangan dan stempel.

Scanner adalah salah satu perangkat yang berfungsi sebagai alat pemindai. Alat ini ini akan mengkonversikan gambar manual menjadi data digital.

2. Output Device (Perangkat Keluaran)

Merupakan jenis hardware yang berguna dalam menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang user/pengguna lakukan. 

Data atau pun informasi tersebut berasal dari hardware input yang sudah melewati hardware process. Misalnya seperti monitor, proyektor, hingga printer. 

Berikut di bawah ini penjelasannya:

a. Monitor

Monitor adalah alat untuk menampilkan data dan informasi dalam bentuk gambar yang bisa dilihat oleh indera mata (penglihatan). 

Ada banyak sekali jenis monitor pada saat sekarang ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube) atau biasa disebut monitor tabung
  2. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
  3. LED (Light Emitting Diode)
  4. Monitor Plasma
  5. Monitor 4K
  6. Monitor Curved
  7. Monitor TFT
  8. Monitor DLP
  9. Monitor Touchscreen
  10. Monitor OLED

b. Printer

Salah satu jenis perangkat keras yang dapat digunakan untuk dapat mencetak segala macam keperluan dokumen yang diinginkan dalam bentuk teks, gambar, dan grafik pada sebuah media.

Ada banyak contoh printer saat ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Printer Laser jet
  2. Printer DTG (untuk garmen)
  3. Printer Banner
  4. Printer dot metrix
  5. Printer thermal
  6. Printer outdoor

c. Proyektor LCD

Perangkat keras yang berguna untuk memudahkan Kamu dalam menampilkan video maupun gambar ke layar LCD dari komputer. 

Hal ini berarti, saat menggunakan proyektor LCD, Kamu bisa menampilkan suatu presentasi dengan lebih jelas.

d. Speaker

Speaker adalah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal elektrik ke bentuk suara dengan cara menghubungkan ke komponen yang disebut membrane.

Dengan adanya speaker Kamu dapat mendengarkan lagu/musik yang Kamu putar dari komputer.

3. Processing Device (Perangkat Proses)

Jenis perangkat keras yang satu ini dapat berguna dalam mengolah data sekaligus menjalankan proses yang ada pada sistem komputer. 

Adapun contoh dari Process device tersebut seperti CPU, RAM, VGA, dan masih banyak lagi.

a. CPU

Merupakan perangkat yang berguna dalam mengontor seluruh proses kerja yang ada pada komputer. Baik itu dari instruksi, pengelolahan, sampai menghasilkan ouput yang diinginkan.

Processor, diibaratkan seperti otak manusia, yang berfungsi untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard Kamu, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.

b. RAM

Merupakan jenis perangkat keras yang dapat menentukan kecepatan akses dalam sebuah komputer.

RAM (Random Access Memory), berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.

c. VGA

Perangkat yang berfungsi mengolah maupun memproses data grafis sehingga hasilnya nanti dapat Kamu tampilkan pada layar monitor komputer.

Video Card, berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.

d. Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama pada komputer yang berfungsi untuk memproses berbagai macam komponen, dan membuat jalur komunikasi dengan komponen elektronik penting seperti CPU, RAM, VGA Card, dan lain sebagainya.

Motherboard, sebagai tempat menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Fungsinya adalah menghubungkan setiap komponen, agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

4. Storage Device (Perangkat Penyimpanan)

Storage device atau yang lebih dikenal sebagai perangkat untuk menyimpan merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi menyimpan data-data komputer. 

Banyak sekali jenis pada data saat ini, contohnya adalah data aplikasi, user, text, pdf, gambar dll.

Adapun contoh dari storage device adalah seperti di bawah ini:

a. RAM

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory yaitu alat yang berfungsi untuk penyimpanan data sementara dan bisa diakses secara acak.

Random Access Memory berguna mempercepat data di proses pada PC/Komputer bekerja atau beroperasi. Maka semakin besar kapasitas RAM pada PC maka komputer Kamu akan semakin bisa memproses banyak program sekaligus.

b. Harddisk

Merupakan perangkat yang berfungsi dalam menyimpan informasi maupun data dalam komputer dengan kapasitas yang cukup besar. Perangkat ini memiliki bentuk seperti portable.

Harddisk merupakan hardware yang berfungsi untuk tempat penyimpanan atau space data. Komponen komputer ukuran hardisk sangat berfariasi, saat ini hardisk memiliki banyak jenis. 

Berikut ini jenis-jenis hardisk, yaitu:

  1. Hardisk SCSI
  2. Hardisk ATA/AIDE
  3. Hardisk Raid
  4. SSD
  5. Hardisk SATA

c. Flashdisk

Merupakan alat penyimpan data dari komputer yang memiliki konektor berupa USB. Konektor tersebut nantinya akan memudahkan perangkat ini terhubung ke komputer maupun media lainnya yang digunakan. 

Flash disk ini sendiri bisa Kamu pakai untuk memindahkan sebuah data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

d. Optical Disk

Merupakan media penyimpanan data yang bisa dibaca maupun ditulis oleh cahaya laser. Umumnya optical disk disini berupa CD/Compact Disk atau DVD/Digital Versaitle Disc.

Software [Perangkat Lunak]

Perangkat lunak atau software ini berbeda dengan hardware, software merupakan perangkat yang tidak dapat dilihat oleh mata. 

Fungsi software sendiri sangatlah penting dan vital karena berfungsi sebagai aplikasi yang menjalankan perintah yang masuk ke hardware maupun yang keluar ke hardware.

Software juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan program yang dibuat untuk memudahkan user, bisa berupa aplikasi ataupun jaringan yang melaksanakan perintah.

Selanjutnya, sebuah software terbagi menjadi 3 (tiga) jenis yaitu software sistem, software aplikasi dan software tambahan.

Software sistem adalah software utama yang berfungsi sebagai program perintah menjalankan sistem operasi. 

Contoh dari software utama adalah Windows 10, Windows 8, Windows Vista, Linux, IOS dan lain-lain.

Software aplikasi adalah aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan tugas atau mengelola tugas oleh user. 

Software aplikasi memiliki banyak sekali jenis dan fungsinya, karena software ini di install ke komputer bertujuan untuk menjalankan perintah tertentu dan software engineering ini dipakai untuk sarana pengolahan data.

Adapun contoh dari software aplikasi adalah web browser, word office, game dan lainnya.

Software tambahan adalah software yang di install untuk melakukan tugas-tugas khusus atau tambahan sekaligus melindungi hardware komputer. 

Contohnya seperti Data recovery, Disk Defragmenter, Sceensaver, Backup, dan lain-lain.

Brainware [User]

Brainware adalah manusia yang mengoperasikan dan menjalankan sebuah komputer. Brainware adalah prioritas karena komputer Kita tidak bisa melakukan apa-apa jika tidak dijalankan oleh manusia. 

Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoperasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, Netter, serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer.

Maka dari itu brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam pemakaian komputer.

Fungsi Brainware

Selain mampu menjalankan dan menggunakan perangkat komputer, brainware juga mempunyai banyak fungsi lain. 

Berikut adalah beberapa fungsi yang Kamu harus mengetahuinya, yaitu:

Sebagai Programmer

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu tugas utama brainware adalah untuk merancang bagaimana cara suatu perangkat bekerja.

Programmer bertugas untuk membuat dan merancang program yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam sistem perangkat komputer menggunakan perangkat lunak maupun perangkat keras.

Selain itu, programmer juga bertugas untuk menjaga keamanan dan kelancaran seluruh sistem yang ada di program tersebut.

Sebagai Operator

Fungsi lain seorang brainware adalah sebagai seorang operator komputer. Operator komputer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan suatu sistem komputer dan program.

Selain itu, operator juga bertugas untuk menjaga dan memastikan bahwa semua perangkat komputer akan berjalan dengan baik dan lancar. 

Terkadang, operator komputer juga bertugas untuk melakukan maintenance dan perawatan sebuah sistem yang dirancang oleh seorang programmer.

Sebagai Administrator

Seorang administrator adalah seorang brainware yang bertugas untuk mengelola struktur suatu sistem pada sebuah program ataupun jaringan komputer.

Dengan adanya brainware yang bekerja sebagai administrator, sistem dan program Kamu akan mempunyai aturan dan struktur yang lebih tertata rapi.

Contoh Brainware

Berikut di bawah ini adalah penjelasan singkat mengenai contoh brainware, yaitu:

Netter 

Adalah seorang individu atau kelompok yang menjelajahi situs-situs website untuk mencari dan mendapatkan informasi dari internet.

EDP Department

Departemen EDP atau electronic data processing department adalah bagian perusahaan yang bertugas untuk mengelola data digital sebuah perusahaan dengan teknologi komputer.

Network System

Sistem operasi yang bertugas untuk menangani sebuah sistem pada jaringan komputer, sistem ini terdiri dari banyak jaringan dan layanan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna komputer.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai pengertian komponen komputer, Kamu sekarang tentu sudah jauh lebih paham mengenai perangkat/komponen komputer tersebut. 

Keberadaan perangkat atau komponen komputer ini sendiri tentu sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari manusia.

Selanjutnya, seperti benda-benda yang ada disekitar Kamu lainnya, Kamu juga perlu merawat semua perangkat atau komponen komputer tersebut dengan baik. 

Karenanya, apabila salah satu komponen komputer  tidak dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya maka setiap proses pengelohan data maupun informasi tentu juga tidak dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang Kamu inginkan.

Semoga bermanfaat.

Terim Kasih.

Post a Comment for "Tentang Hardware, Software, dan Brainware"