Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Server

Tentang-Server

Bila Kamu seorang yang berkecimpung dalam dunia IT dan pemrograman, server adalah sistem komputer yang sangat penting untuk segala transaksi penyimpanan dan monitoring data.

Selama ini Kamu selalu menggunakan perangkat keras berupa komputer, laptop, handphone dan sejenisnya. Seberapa besar pengetahuanmu tentang server? Dapat dipastikan beberapa dari Kamu masih belum paham dengan istilah server.  Server dalam dunia IT memiliki peran yang sangat penting dalam pengoperasiannya.

Semua data yang Kamu masukkan di perangkat handphone, komputer, laptop melalui suatu jaringan internet akan tersimpan ke sebuah sistem bernama server.

Hampir semua kegiatan Kita yang memanfaatkan perangkat komputer dan jaringan otomatis akan terhubung dengan sistem yang juga disebut server.

Pengertian Server

Server atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut peladen merupakan suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan sejumlah data. Data yang disimpan melalui server berupa informasi dan beragam jenis dokumen yang kompleks. Layanan tersebut ditujukan khusus untuk klien yang berkebutuhan dalam menyediakan informasi untuk pengguna atau pengunjungnya.

Dalam model pemrograman, server adalah sistem atau layanan yang menunggu dan memenuhi permintaan dari program klien yang mungkin berjalan di komputer yang sama atau komputer lain.

Server adalah sebuah sistem komputer berkinerja tinggi yang membantu mengirimkan atau menerima banyak resource, data, atau bahkan layanan dari atau ke mesin jarak jauh lainnya melalui berbagai jenis jaringan seperti Local Area Network (LAN) atau Wide Area Network (WAN).

Server berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server. 

Dalam bentuk fisiknya, server berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang berkapasitas besar.

Di pusat data, server adalah komputer fisik berupa mesin khusus atau mesin yang digunakan untuk tujuan lain agar bisa menjalankan program layanan untuk klien. Biasanya mesin tersebut berukuran besar dengan spesifikasi prosesor kencang dan RAM berkapasitas besar.

Jenis Server

Berikut dibawah ini adalah contoh beberapa jenis server, yaitu sebagai berikut:

Web Server

Web server adalah sebuah jaringan komputer yang melayani khusus permintaan HTTP dan HTTPS. Web server menerima kode sedemikian rupa dari browser, lalu mengirimnya kembali dalam bentuk laman web. Laman internet tersebut dikirim oleh internet server dalam bentuk dokumen HTML dan CSS yang kemudian diproses oleh browser menjadi laman-laman web yang menarik dan mudah dibaca oleh pengguna.

Berdasarkan penjelasan di atas, web server memiliki fungsi utama mengirim berkas yang diminta oleh pengguna sebelumnya melalui browser dengan protokol khusus. Sehingga pengguna dapat mengakses berupa teks, gambar, video, dan sebagainya melalui browser.

Saat ini internet server tidak sekedar berperan mempublikasikan WWW (World Wide Web) saja. Terdapat berbagai perangkat keras yang sudah dapat diakses melalui HTTP dengan tujuan untuk meninjau manajemen pekerjaan. Perangkat keras tersebut seperti printer, kamera, dan router web.

Application Server

Application server merupakan application di komputer yang digunakan untuk membuat koneksi antara database dan mesin klien yang juga dikenal sebagai “Middleware”.

Sistem ini juga menyediakan layanan untuk aplikasi yang ada di telephone. Misalnya, aplikasi cuaca pada smartphone Kamu yang terhubung ke pusat informasi dan data cuaca.

Policy Server

Selanjutnya, server jenis ini cukup unik karena merupakan suatu komponen keamanan dari jaringan policy-based yang menyediakan layanan otorisasi dan memfasilitasi pelacakan dan pengontrolan file.

Mail Server

Server jenis ini melayani pengguna dalam bertukar pesan ke sesama pengguna secara elektronik. Mail Server juga dibagi menjadi dua kategori yaitu server surat masuk dan server surat keluar.

Server surat masuk terdiri dari POP3 dan IMAP. POP3 (Post Office Protocol 3rd version) adalah protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan dikirim dan diterima pada PC Local Hard Drive. 

Sedangkan IMAP (Internet Message Access Protocol) protokol yang selalu menyimpan salinan pesan dikirim dan diterima ke dalam Mail Server.

Secara garis besar, Mail Server berfungsi untuk bertukar pesan ke sesama pengguna dengan beberapa langkah protokol mail dengan file yang terdukung berupa teks, gambar, dan lainnya sesuai klien web yang digunakan.

API Server

Server jenis ini adalah sebuah sistem yang mengimplementasikan fungsionalitas untuk perangkat lunak lain dengan menawarkan layanan API (Application Programming Interface).

Communication Server

Layanan yang menyediakan konektivitas jaringan dan komunikasi lain seperti suara kepada klien.

Misalnya, perangkat telekomunikasi yang menyediakan jaringan 4G atau WiFi ke ponsel dan klien perangkat seluler lainnya.

Database Server

Database server adalah jaringan komputer yang memberikan layanan berupa pengelolaan basis facts serta menerima permintaan consumer untuk mengakses basis records pada server. 

Database server juga terdiri dari empat jenis, yaitu flat document database, relation database, object database, dan relational-item database.

Fungsi database server sendiri adalah memberikan pengguna berupa layanan big facts yang teratur sehingga mudah untuk melakukan pencarian. Lembaga besar banyak yang menggunakan layanan server ini sebagai penyimpanan berbagai informasi sesuai kebutuhan. 

Server ini juga memberikan layanan akses suatu data oleh banyak orang dalam waktu bersamaan.

Print Server

Server jenis ini merupakan layanan yang memberi kesempatan person untuk mengakses ke satu atau lebih printer yang terhubung ke jaringan atau perangkat cetak lainnya.

Sistem ini bertindak sebagai antrian untuk pekerjaan cetak yang dikirimkan consumer.

Beberapa sistem ini dapat memprioritaskan pekerjaan dalam antrian cetak berdasarkan jenis pekerjaan atau siapa yang mengirimkan permintaan cetak.

File Server

File server adalah jaringan komputer yang memberikan akses berupa lokasi disk. Lokasi disk tersebut berisikan report seperti gambar, video, musik, database, dokumen, dll. Server ini dirancang untuk pengguna memungkinkan dalam penyimpanan dan pengambilan records dengan perhitungan melalui workstation.

Fungsi utama dari document server adalah sebagai jantung sebuah jaringan komputer yang cepat, dengan kapasitas hardisk besar serta RAM tinggi. Server ini memungkinkan untuk mengontrol komunikasi dan informasi antar komponen jaringan. Client dapat mengakses layanan berupa manajemen document, upload statistics, download information, dsb pada server.

Blade Server

Sebuah sasis server yang menampung beberapa papan sirkuit elektronik modular tipis yang dikenal sebagai blade servers.

Setiap blade adalah sistem tersendiri sehingga sering kali didedikasikan untuk satu aplikasi.

Proxy Server

Proxy server merupakan jaringan komputer yang memiliki peran sangat positif bagi pengguna. Proxy server sendiri berperan sebagai perantara antara pengguna dengan net server. 

Setiap pengguna yang mengakses jaringan web, akan selalu melewati proxy terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke web server.

Fungsi utama proxy server adalah untuk mengamankan IP address pengguna saat menjelajahi internet. IP deal with mudah terlihat saat tidak dilindungi oleh proxy, sehingga rawan tersebar virus, malware hingga informasi sandi tersimpan pada browser. 

Pengguna juga bisa mengatur pemblokiran beberapa situs web yang tidak ingin dikunjungi sebagai bentuk pencegahan.

Name Server

Sebuah sistem yang berguna dalam penyimpanan sekaligus pencarian alamat website seperti memetakan nama domain ke IP.

Sistem ini adalah infrastruktur dasar yang ada pada jaringan global seperti internet.

DHCP Server

DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Server merupakan jaringan yang menjalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP kepada client. Biasanya sistem operasi (SO) seperti Windows 2000 Server, Windows Server 2003 dan GNU/linux menggunakan layanan ini.

Secara garis besar fungsi server ini adalah memberikan layanan alamat IP secara otomatis kepada client/komputer/host pada jaringan TCP/IP yang meminta. 

Sehingga peran administrator tidak perlu disibukkan dengan membuat alamat IP secara manual untuk client karena IP tersebut telah diberikan oleh server.

Virtual Server

Server jenis ini merupakan sebuah program yang berjalan pada shared server yang dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga setiap pengguna memiliki kendali penuh atas perangkat.

Game Server

Jenis server selanjutnya adalah khusus untuk seorang gamer. Server ini dibuat untuk memberikan sensasi bermain yang lebih baik bagi para pengguna. Saat ini kebanyakan developer game sering membuat permainan yang berbasis multiplayer online. Sehingga membuat kapasitas permainan terkadang terjadi lag atau semacamnya.

Game server terdiri dari dua kategori yaitu, game server eksternal dan game server internal. Server eksternal merupakan penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh pengembang game itu sendiri. Sedangkan server internal merupakan penyimpanan sendiri melalui komputer pengguna. Contoh game server yang bisa digunakan adalah steam.

System Services

Merupakan sistem perangkat lunak yang melakukan otomatisasi, perhitungan, dan fungsi lain yang tidak langsung digunakan oleh pengguna.

Sistem ini sering diimplementasikan dengan layanan yang berjalan di server seperti layanan mikro.

FTP Server

FTP (File Transfer Protocol) server adalah sebuah protokol internet yang memberikan akses data server pada satu jaringan. Client dapat meminta akses tukar menukar file melalui server. 

Proses yang dilakukan oleh FTP server adalah dengan kode ASCII yang sebenarnya berbahaya karena tidak melalui enkripsi dalam proses transfer. Adapun SFTP yang memberikan keamanan bagi client untuk melindungi data yang sedang di transfer.

Fungsi utama server ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada client dan pengunjung untuk melakukan akses transfer data tersimpan yang ada pada server.

Fungsi Server

Berikut penjelasan singkat dari beberapa fungsi dari sebuah server itu sendiri, yaitu sebagai berikut:

Mengatur Traffic Data

Sistem permintaan dan tanggapan suatu data atau file dengan mengidentifikasi identitas semua pemohon, dengan syarat mesin klien harus diberikan izin untuk mengakses semua information dan resource lainnya.

Penyimpanan Data Digital

Selanjutnya, fungsi server merupakan sistem untuk mengakses, menyimpan, dan mentransfer semua file dan data dari mesin komputer lain melalui jaringan komputer.

Sebagai Layanan Computer Client

Suatu sistem untuk mendengarkan semua permintaan dari mesin klien melalui koneksi jaringan. 

Fungsionalitas ini dihadirkan sebagai bagian dari sistem operasi yang dijalankan pada semua aplikasi.

Bentuk Perlindungan dari Serangan Hacking

Ketika terjadi komunikasi antara klien dan aplikasi, sistem akan memeriksa alamat IP dan bahkan nama domain jika diperlukan.

Apabila sistem mendeteksi resource aneh atau ancaman serangan, maka server akan mencegah bentuk komunikasi apa pun hingga tak sampai mengakses data-data yang tersimpan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan yang begitu singkat di atas, cukup banyak juga jenis-jenis server yang ada. 

Server adalah sebuah sistem komputer dalam jaringan yang berfungsi untuk menyimpan segala data digital.

Untuk lebih simpelnya, fungsi server secara keseluruhan adalah sebagai layanan bagi client dan pengguna untuk menyimpan, mengolah, menerima, mengirim berbagai data melalui beberapa protokol khusus.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Tentang Server"