Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian-Komputer-Secara-Umum-dan-Menurut-Para-Ahli

Semakin hari teknologi semakin berkembang dan sekarang kita hidup di zaman yang sudah sangat canggih dan bahkan kehidupan kita sehari-hari tak luput dari campur tangan teknologi. 

Komputer adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang nyata. Dengan menggunakan komputer, kita bisa berbagi informasi.

Pengertian Komputer Secara Umum

Rata-rata, semua orang akan mengatakan bahwa komputer adalah sebuah alat atau teknologi yang canggih dan bisa digunakan untuk mengerjakan banyak hal seperti mengolah informasi, bermain game, memutar musik atau menonton video.

Komputer adalah alat yang bisa digunakan untuk mengelola dan mengolah informasi.

Dan secara bahasa, komputer berasal dari bahasa latin yaitu "computare" yang berarti menghitung atau dari sumber lainnya, menyebutkan bahwa komputer berasal dari bahasa Inggris "computer" dan mempunyai arti yang sama. 

Pada zaman dahulu, komputer bukanlah nama sebuah benda yang kita kenal selama ini, kata komputer dulu ditujukan kepada orang yang menggunakan alat tersebut untuk menghitung. 

Seiring dengan berkembangnya zaman, maka nama komputer dijadikan sebagai nama alat untuk menghitung yang digunakan orang-orang tersebut.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Selanjutnya, setelah memahami pengertian komputer secara umum yang sudah dikemukakan di atas, maka sekarang kita akan mempelajari pengertian komputer yang lebih spesifik, yaitu menurut pendapat para ahli.

C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky 

Menurut 3 (tiga) ahli ini komputer adalah sebuah alat atau mesin penghitung elektronik yang dengan cepat bisa menerima informasi atau masukan digital, lalu memprosesnya sesuai dengan perintah menggunakan program didalamnya yang sudah terinstall dan terakhir mengeluarkan sebuah output yang berupa informasi. 

Jhon J. Longkutoy Menurut John J. Longkutoy

Komputer adalah alat dan atau mesin pemecah masalah atau persoalan serta bisa mengolah data yang bermanfaat bagi penggunanya. 

American Standard Institute Menurut American Standard Institute

Komputer merupakan sebuah alat pemroses data (data processor) yang mempunyai kemampuan untuk menghitung matematika, aritmatika dan operasi logika baik yang kecil maupun yang besar tanpa adanya campur tangan dalam pemrosesan tersebut. 

Dan elemen-elemen komputer yang populer saat ini, yakni Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software), dan User (Brainware) merupakan pendapat dari American Standard Institute, mereka mengatakan bahwa untuk menjalankan sebuah komputer, diperlukan ketiga elemen tersebut. 

Dan sampai sekarang ini, teori tersebut masih diakui. 

Williams Sawyer 

Selanjutnya, menurut hhli yang satu ini, Sawyer memiliki pendapat yang berbeda dari beberapa ahli sebelumnya, dimana ahli sebelumnya banyak mengartikan komputer sebagai mesin penghitung. 

Maka, menurut Sawyer komputer adalah alat yang bisa melakukan pemrograman dan bisa diprogram. Dengan program tersebut, mesin-mesin yang ada didalamnya bisa digunakan untuk menampilkan gambar dan memanipulasinya menjadi informasi yang berguna bagi penggunanya. 

Arif Susanto 

Menurut Arif, komputer adalah sekelompok alat elektronik yang memiliki perintah input lalu bisa memprosesnya dan mengeluarkannya menggunakan alat output yang dimilikinya sehingga bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. 

Larry Long dan Nancy Long 

Long bersaudara berpendapat bahwa komputer adalah alat yang bisa menginterpresentasikan sebuah perintah input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logikal. 

Robert H. Blissmer 

Menurutnya, komputer adalah alat elektronik yang bisa menerima input, mengelola hasil input tersebut dengan program-program yang ada didalamnya, menyimpan hasil input dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi. 

Elias M.Awad 

Menurut Awad, komputer adalah alat yang bisa memproses sebuah data lalu menghasilkan data tersebut dalam data baik berbentuk digital maupun bentuk analog. 

Donald H. Sanders 

Pendapat ahli selanjutnya adalah Donald H. Sanders. Sanders berpendapat bahwa komputer adalah sebuah sistem elektronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat, serta dirancang atau diorganisasikan secara otomatis untuk memproses hasil input dan menyimpannya lalu mengeluarkannya lagi dibawah pengawasan suatu langkah-langkah dan instruksi-instruksi program yang tersimpan didalam memori. 

Gordon B. Davis 

Dalam bukunya yang berjudul "Introduction to The Computer". Darvis menyebutkan bahwa komputer adalah sebuah alat penghitung uang yang memiliki sifat tertentu yang sudah pasti. 

William M. Fouri 

Dalam bukunya yang berjudul "The Tool of Bussines". Fouri mempunyai pendapat yang hampir sama seperti American Standard Institute bahwa komputer adalah mesin penghitung yang bisa memproses hasil input untuk menghitung operasi aritmatika dan logika tanpa adanya campur tangan manusia selama pemprosesan tersebut terjadi. 

Wimatra, dkk (2008) 

Dan pendapat ahli yang terakhir bisa dikatakan sebuah pendapat yang paling bisa menyimpulkan arti komputer. 

Menurut Wimatra, dkk komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang bisa mengolah data dan mampu menghasilkan sebuah keluaran berbentuk informasi yang berguna. 

Penutup

Demikianlah artikel tentang pengertian komputer secara umum dan beberapa Pengertian Komputer menurut para ahli yang sudah meneliti komputer sejak zaman dahulu. 

Setelah mempelajari pengertian komputer baik secara umum maupun menurut pendapat dari beberapa ahli terkemuka di atas, semoga kamu sudah bisa mengartikan komputer menggunakan bahasa kamu sendiri.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Post a Comment for "Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli"