Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Website Desa

Tentang-Website-Desa

Penggunaan situs web tidak hanya bermanfaat bagi bisnis modern di daerah perkotaan, tetapi juga bisa menjadi sarana digitalisasi sebuah desa.

Perlahan tapi pasti pedesaan di Indonesia membuat situs web desa terbaik untuk berbagai keperluan. Tentu saja ini dipengaruhi oleh teknologi yang berkembang yang menuntut aspek bermasyarakat harus dihubungkan dengan media digital.

Di sisi lain, ada banyak orang yang bertanggung jawab atas desa yang menyadari betapa pentingnya situs web desa terbaik adalah media promosi dan pertumbuhan potensi desa.

Seperti bangunan rumah, setiap desa di Indonesia yang memiliki kesempatan untuk membuat web desa pasti memiliki desain dan fungsi fitur administrasi sendiri.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas informasi-informasi seputar tentang website desa, mulai dari manfaat hingga macam-macam fitur utamanya.

Pengertian Website Desa

Website desa adalah situs online pada umumnya yang berupa sistem informasi untuk administrasi dan pengelolaan pemerintahan desa.

Website tersebut juga menjadi sarana penghubung antara pemerintahan desa dengan warganya. Bisa diartikan, website ini merupakan representasi kehidupan desa dalam dunia digital.

Situs web desa biasanya memiliki nama domain desa.id. Tapi sebelum ada peraturan perundang-undangan yang mengatur segala urusan pedesaan, perangkat desa tidak tahu dan tidak bisa beli domain untuk website desa. Sebab, domain go.id hanya bisa untuk website setara kabupaten/kota saja.

Sama seperti jenis website pada umumnya, web desa bisa diakses oleh siapapun selama orang tersebut terhubung dengan jaringan internet. 

Tapi web ini tidak boleh dibuat sembarangan. Pasalnya hanya orang-orang yang berkepentingan untuk pemerintahan desa lah yang boleh mendaftarkan domain desa.id dan mengajukan pembuatan website.

Fitur yang Harus Dimiliki pada Website Desa

Web desa sebagai sistem informasi pengelolaan pemerintahan desa haruslah didukung dengan konten yang informatif dan fungsi fitur yang baik.

Adapun beberapa fitur yang harus tersedia dalam sebuah website desa yang baik, diantaranya adalah sebagai berikut.

Beranda

Apa jadinya sebuah website jika tidak memiliki beranda atau homepage? Tentu warga desa dan pengguna dari luar desa akan bingung dengan susunan halaman web desa.

Beranda web akan berisi informasi awal seputar desa yang biasanya juga memiliki image header bergambar landmark atau foto yang mencerminkan keunggulan dan kegiatan desa.

Pada umumnya pengelola website juga akan mencantumkan section berita desa terbaru yang bertujuan sebagai transparansi kegiatan dalam desa.

Profil Desa

Dalam sebuah beranda juga akan memuat menu-menu yang penting untuk ditampilkan dan dilihat oleh pengguna web, khususnya dari masyarakat luar desa.

Fitur atau menu profil desa adalah salah satunya yang menjadi citra awal sebagai website desa terbaik.

Bagian fitur profil desa umumnya memuat konten seputar sejarah desa, informasi sekilas tentang siapa pemimpin dan pengelola pemerintahan desa, visi misi, peta daerah, dan lain sebagainya.

Fitur profil sebisa mungkin disusun ke dalam layout yang sederhana tapi mendukung ketersampaian konten informasi desa yang maksimal kepada pembaca website.

Informasi Desa

Ibarat kata, fitur ini sama seperti fitur blog yang dimiliki website sistem informasi lainnya. Disana kamu akan menemukan berbagai konten berita atau kegiatan yang terjadi di desa dalam suatu waktu.

Fitur ini sangat membantu masyarakat luar desa ketika ingin mengenal karakteristik desa dan mengetahui kegiatan apa saja yang pernah desa lakukan.

Konten yang dibuat pun bisa bermacam-macam, mulai dari sisi sosial dan budaya desa, ekonomi, fenomena desa terkini, dan jenis konten lain.

Semua itu ditujukan sebagai sarana penghubung antara pihak desa dengan warga atau pendatang.

Statistik Desa

Desa sebagai bagian wilayah administratif pemerintahan negara haruslah transparan atau terbuka dengan penduduknya.

Oleh sebab itu, penting adanya agar pengelola website membuat sebuah fitur yang mewakili upaya keterbukaan segala informasi statistik dan pengelolaan anggaran desa.

Beberapa contoh konten yang bisa kamu cantumkan di dalam fitur ini adalah seperti data statistik APBD per tahun, persentase pendidikan warga desa, dan lain-lain. 

Nama fiturnya pun bisa bermacam-macam sehingga akan berbeda antara satu web desa dengan web desa lain.

Struktural Lembaga Desa

Sebenarnya, fitur ini tidak wajib ada dalam sebuah website desa yang baik. Tapi, ada beberapa desa yang ingin “selangkah lebih dekat” dengan pengguna website dari kalangan warga desa itu sendiri atau warga luar desa.

Pengelola website boleh mencantumkan fitur ini secara langsung dalam bentuk menu tersendiri atau digabungkan dalam halaman fitur lainnya, seperti profil desa.

Susunan layout-nya pun tidak harus berbasis HTML website, tapi bisa dalam bentuk image. Yang terpenting adalah disajikan dengan semenarik dan sejelas mungkin.

Galeri Desa

Desa mana yang tidak ingin memamerkan keunggulan potensi yang ia miliki. Itulah yang membuat beberapa website desa terbaik juga melampirkan dokumentasi-dokumentasi desa dalam bentuk foto dan video.

Biasanya fitur ini bisa menjadi alternatif pemerintah desa untuk memberikan informasi yang lebih interaktif bagi pengguna web yang tidak suka atau tidak bisa membaca.

Fitur galeri desa mirip seperti album foto dan video yang nantinya berguna untuk dokumentasi perkembangan desa dari masa ke masa.

Kontak

Fitur kontak menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah website informasi.

Sesuai namanya, fitur ini berisi informasi narahubung pemerintahan desa (nomor telepon dan email) yang bisa dihubungi hingga alamat lokasi desa.

Beberapa web desa juga mencantumkan form yang berguna untuk mengirim pesan kritik dan saran kepada pengurus desa.

Fitur ini tidak hanya bermanfaat bagi warga desa, tapi juga bagi warga luar desa yang ingin menghubungi pihak desa untuk keperluan tertentu.

Manfaat Website Desa

Berdasarkan macam-macam fitur yang telah dijelaskan di atas, setidaknya ada 5 (lima) manfaat penting dalam sebuah website desa terbaik yang akan pengguna web dapatkan. 

Berikut di bawah ini penjelasan secara singkatnya.

Sebagai Pusat Informasi Terpercaya

Pada dasarnya, web desa menjadi media digital terbaik yang berguna dalam upaya pemberian segala informasi internal desa dengan warga atau pendatang.

Situs online ini bahkan lebih efektif untuk menjadi media pusat dan penyalur informasi daripada mengandalkan media cetak dan media digital lain, seperti televisi dan radio.

Apabila pengurus desa rutin mengelola website dengan mengisi konten informatif desa, siapapun pengguna website akan lebih mudah menjangkau dan memperoleh informasi perkembangan desa kapan saja dan dimana saja.

Media Penghubung Lembaga Desa Dengan Warga

Kadangkala warga desa tidak selalu bisa berkomunikasi secara langsung dengan pihak lembaga desa.

Tapi semenjak ada teknologi web desa yang diimbangi dengan sosialisasi penggunaan web, warga desa jadi punya alat bantu agar tetap terhubung yang berkomunikasi dengan pihak lembaga desa dengan mudah.

Tentu saja website desa terbaik adalah situs yang memiliki tampilan dan fungsi yang mudah digunakan oleh pengguna setara warga desa.

Alat Monitoring Perkembangan Sumber Daya Desa

Seiring berkembangnya zaman pasti badan organisasi seperti desa mengalami berbagai perkembangan potensi sumber daya.

Dan warga desa perlu tahu apa dan bagaimana kondisi terupdate perkembangan desa dari waktu ke waktu.

Dengan mencantumkan beberapa fitur tambahan, perangkat desa dapat menyalurkan segala informasi perkembangan sehingga warga desa bisa melihat atau memonitoring segala proses perkembangan tersebut.

Sebagai Media Administratif

Hingga saat ini, sudah ada banyak desa digital yang proses sosialisasi dan administratif bisa dilakukan secara online berbasis website.

Strategi ini biasanya dimanfaatkan ketika warga desa atau perangkat desa tidak memungkinkan untuk mengelola kebutuhan administratif secara langsung di satu waktu tersebut.

Pengelola website perlu membuat fitur yang sesuai dengan kebutuhan administratif yang mana dibutuhkan oleh pemerintah desa.

Sebagai Media Promosi Desa

Secara tak langsung, dengan membuat website desa terbaik kamu juga melakukan upaya promosi ke dunia digital yang luas. 

Apalagi dengan fakta bahwa potensi alam dan budaya yang Indonesia miliki berasal dari desa-desa di berbagai pelosok negeri.

Oleh karena itu, setiap desa bisa membuat konten tentang potensi daya tarik desa agar warga luar desa tertarik untuk mengetahui seluk beluk desa.

Akhir Kata

Dan pada akhirnya, kini semua hal atau aspek kehidupan dan bermasyarakat sudah harus terdigitalisasi agar bisa saling terhubung dengan mudah.

Dan website desa adalah bukti nyata bahwa penggunaan teknologi sudah saatnya tersebar ke berbagai lini kehidupan manusia.

Terimakasih.



#domainesa

Post a Comment for "Tentang Website Desa"