Widget HTML #1

Tips Membuat Password yang Aman

Tips-Membuat-Password-yang-Aman

Password merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa sembarangan atau asal-asalan membuatnya.  

Pada artikel kali ini admin ingin memberi sedikit tips dan  cara membuat password yang aman, khususnya para pemula yang ingin menjelajahi internet. 

Password account kamu dapat tercipta dari kata-kata apa saja. Baik itu tanggal lahir, tempat lahir, bahkan sampai nama hewan peliharaan kamu. 

Namun,  sadar-kah kamu apabila password yang kamu buat menggunakan informasi pribadi tersebut dapat membahayakan data kamu?

Saat kamu membuat suatu account, biasanya kamu akan diminta mengisi sebuah field yang dapat membantu kamu untuk mengingat password (bila lupa).

Namun, tools yang dapat membantu kamu tersebut dapat menjadi penghancur juga. Misalkan kamu memiliki sebuah account Facebook. Bayangkan apabila ada orang iseng atau orang jahat yang ingin hack account kamu. Orang tersebut tinggal melihat hint yang ada, kemudian tinggal mencari informasi untuk membobol account kamu. 

Mudah saja, orang tersebut tinggal melihat informasi yang ada di account kamu (biasanya informasi paling rahasia sekali pun dibagi di profile). 

Atau, contohnya, password kamu merupakan nama hewan peliharaan kamu. Orang tersebut tinggal menanyakan nama hewan peliharaan kamu dengan cara melakukan private message atau meninggalkan pertanyaan di Wall kamu. 

Orang tersebut tinggal menyamar menjadi sesama penyuka hewan dan dengan sedikit berbincang, pasti kamu akan tertipu untuk memberikan rahasia kamu tersebut.

Selanjutnya, untuk membuat sebuah password, terdapat beberapa tips yang sangat manjur. Silahkan kamu simak beberapa tips tersebut di bawah ini:

  • Usahakan panjang karakter password kamu sebanyak 12 karakter. Sampai saat ini, komputer cukup sulit untuk “menebak” password dengan karakter sepanjang itu. Komputer hanya butuh waktu beberapa jam untuk memecahkan password dengan panjang karakter kurang dari 12.
  • Lupakan menggunakan informasi pribadi kamu, seperti nama ibu, nama hewan peliharaan, tanggal lahir, dan sebagainya. Informasi pribadi dapat ditemukan dan dicari dengan mudah.
  • Kombinasi-kan karakter dalam password kamu menggunakan huruf, angka dan simbol. Contoh simbol : $#@!&0*
  • Jangan malas untuk mengganti password kamu secara berkala.
  • Selanjutnya, kombinasikan tips pada poin pertama dan poin ketiga. Dengan menggabungkan sebuah kata yang panjang yang menggunakan huruf, angka, dan simbol akan sangat sulit untuk ditebak. Contohnya : k4SurT38aL

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Post a Comment for "Tips Membuat Password yang Aman"