Widget HTML #1

Manfaat dari Pemberdayaan Big Data

Big Data


Jaringan Sibuk - Serangkaian teknologi baru yang ditujukan untuk memberdayakan Big Data telah memungkinkan direalisasikan nya suatu nilai dari Big Data. 

Sebagai contoh, pebisnis retail online dapat mempelajari perilaku para pengunjungnya berdasarkan data hasil web click tracking. 

Dengan mengetahui perilaku konsumen maupun calon konsumen nya, maka dimungkinkan untuk menerapkan strategi baru guna meningkatkan penjualan, mengatur harga dan stok barang secara efisien. 

Institusi pemerintah maupun Google dapat mendeteksi timbulnya suatu wabah penyakit dengan memanfaatkan informasi yang mengalir di media sosial. 

Perusahaan minyak dan gas dapat menggunakan output dari sensor-sensor pada peralatan pengeboran untuk menemukan teknik pengeboran yang lebih aman dan efisien.

Jadi, dengan mendayagunakan database Big Data, operasional perusahaan dapat melakukan penghematan pengeluaran, meningkatkan keuntungan, dan mencapai sasaran-sasaran bisnis lainnya. 

Dalam hal ini paling tidak, ada 3 (tiga) hal yang dapat diraih oleh perusahaan yang menerapkan teknologi Big Data, yakni sebagai berikut:


Membuat Aplikasi Baru 

Big Data memungkinkan suatu perusahaan untuk mengumpulkan data-data real time dari produk-produk yang mereka pasarkan, dari sumber daya yang digunakan, dan data-data yang berkaitan dengan pelanggan nya. 

Data-data ini dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan atau pun untuk efisiensi penggunaan sumber daya. 

Sebagai contoh, sebuah kota besar di Amerika Serikat telah menggunakan MongoDB, sebuah document based NoSQL database, untuk menurunkan angka kejahatan dan meningkatkan pelayanan umum dengan mengumpulkan dan menganalisa data geospatial secara real-time dari 30 departemen yang berbeda.


Meningkatkan efektifitas dan Menurunkan Biaya dari Aplikasi yang Telah Ada

Teknologi Big Data dapat menggantikan sistem berspesifikasi tinggi yang mahal dengan sistem yang dapat dijalankan dengan spesifikasi standar. 

Disamping itu, karena banyak teknologi Big Data yang sifatnya open source, tentu mereka dapat diimplementasikan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan teknologi yang hanya dimiliki dan dijual oleh suatu perusahaan.


Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan semakin banyaknya data yang bisa diakses oleh berbagai bagian dalam suatu organisasi, juga dengan semakin cepatnya update yang dilakukan pada data-data tersebut, akan memungkinkan respon yang makin cepat dan akurat pula terhadap berbagai permintaan pelanggan.


Data adalah emas. Organisasi manapun yang mengusai emas, dapat dipastikan kekayaan dan kekuasaan ada ditangannya. 

Begitu juga halnya dengan data. 

Namun demikian, seperti halnya emas, data mesti digali, diproses dan dianalisa dengan serentetan teknologi tertentu demi mendapatkan nilai yang berharga dari lautan data pada era digital sekarang ini. 

Lautan data tersebut kemudian dikenal dengan istilah Big Data, kumpulan data yang begitu besar dan kompleks yang tak memungkinkan lagi untuk dikelola dengan tools software tradisional. 

Terdapat 2 (dua) type teknologi untuk memberdayakan Big data, yaitu sebagai berikut: 

  • Teknologi untuk memproses Big Data demi kebutuhan operasional, yakni: database NoSQL (MongoDB, HBase, ...), dan 
  • Teknologi untuk memproses Big Data guna kebutuhan analitis seperti halnya Hadoop. 

Dengan mengimplementasikan kedua type teknologi Big Data ini, akan memungkinkan didapatkannya nilai-nilai baru yang dapat memberikan manfaat pada operasional perusahaan berupa penghematan pengeluaran, peningkatan keuntungan, dan pencapaian sasaran-sasaran bisnis lainnya.

Demikianlah pembahasan seputar Manfaat dari Pemberdayaan Big Data, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih. 

Post a Comment for "Manfaat dari Pemberdayaan Big Data"