10 (Sepuluh) Hak dan Prinsip Internet

Table of Contents

Hak dan Prinsip Internet


Jaringan Sibuk - 10 (Sepuluh) Hak dan Prinsip Internet merupakan tema atau judul dari tulisan ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi mengenai 10 (Sepuluh) Hak dan Prinsip Internet untuk Anda semua.

Internet menawarkan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam mewujudkan hak asasi manusia, dan memainkan peranan yang semakin penting pada kehidupan kita sehari-hari. 

Oleh karena itu penting bahwa semua pelaku, baik publik dan swasta, menghargai dan melindungi hak asasi manusia di Internet. 

Langkah-langkah juga harus diambil untuk memastikan bahwa Internet berjalan dan berkembang dengan cara yang memenuhi hak asasi manusia semaksimal mungkin. 

Untuk membantu mewujudkan visi lingkungan Internet berbasis hak, berikut di bawah ini 10 (Sepuluh) Hak dan Prinsip tersebut adalah:


1. Keuniversalan dan Kesetaraan

Semua manusia terlahir bebas dan setara dalam harga diri dan hak, yang harus dihargai, dilindungi dan dipenuhi dalam lingkungan daring.


2. Hak dan Keadilan Sosial

Internet merupakan ruang bagi penggalakan, perlindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia dan kemajuan keadilan sosial. 

Semua orang memiliki tugas untuk menghargai hak asasi manusia lain di lingkungan daring.


3. Aksesibilitas

Semua orang memiliki hak yang sama untuk mengakses dan menggunakan Internet yang aman dan terbuka.


4. Ekspresi dan Berasosiasi

Semua orang berhak mencari, menerima, dan menyampaikan informasi secara bebas di Internet tanpa penyensoran atau campur tangan lainnya. 

Semua orang juga berhak untuk berkumpul secara bebas melalui dan di Internet, demi tujuan sosial, politik, budaya atau lainnya.


5. Privasi dan Perlindungan Data

Semua orang memiliki hak terhadap privasi daring. 

Hal ini termasuk kebebasan dari pengintaian, hak untuk menggunakan enkripsi, dan hak untuk daring secara anonim. 

Semua orang juga memiliki hak terhadap perlindungan data, termasuk kendali atas pengumpulan data pribadi, penyimpanan, pengolahan, penghilangan dan penyingkapan.


6. Kehidupan, Kebebasan dan Keamanan

Hak untuk hidup, kebebasan, dan keamanan harus dihargai, dilindungi dan dipenuhi secara daring. 

Hak tersebut tidak boleh dilanggar, atau digunakan untuk melanggar hak lainnya, dalam lingkungan daring.


7. Keberagaman

Keberagaman budaya dan linguistik di Internet harus digalakkan, dan inovasi teknis serta kebijakan harus didorong untuk memudahkan kemajemukan ekspresi.


8. Kesetaraan Jaringan

Semua orang akan memiliki akses universal dan terbuka ke konten Internet, bebas dari pembuatan prioritas diskriminatif, penyaringan atau kendali lalu lintas dengan alasan komersial, politik atau lainnya.


9. Standar dan Peraturan

Arsitektur Internet, sistem komunikasi, dan dokumen serta format data akan berdasarkan standar terbuka yang memastikan interoperabilitas lengkap, pencantuman dan kesempatan yang sama untuk semuanya.


10. Tata Kelola

Hak asasi manusia dan keadilan sosial harus membentuk dasar hukum dan normatif yang Internetnya beroperasi dan dikelola. 

Hal ini akan terjadi dengan cara transparan dan multilateral, berdasarkan prinsip keterbukaan, pencantuman partisipasi dan pertanggungjawaban.


10 (Sepuluh) Hak dan Prinsip Internet Koalisi IRP tersedia untuk diunduh dalam 22 bahasa di http://internetrightsandprinciples.org/site/campaign

Itulah di atas tentang 10 (Sepuluh) Hak dan Prinsip Internet yang telah Admin bagikan beserta penjelasan singkatnya.

Demikian tulisan mengenai 10 (Sepuluh) Hak dan Prinsip Internet di atas, semoga dapat bermanfaat untuk Kita semua.

Terima Kasih.

Salam Literasi Digital.

Post a Comment