Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Laptop Baru yang Berkualitas

Cara Memilih Laptop Baru

Pada era perkembangan teknologi yang sangat pesat pada saat ini, penggunaan laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi mayoritas orang.

Hal ini disebabkan, laptop dapat digunakan dimana saja atau bisa dibawa kemana-mana tanpa harus menjadi kendala pada suatu tempat dan terhubung dengan kabel-kabel layaknya Personal Computer atau PC. 

Dan juga laptop saat ini sudah dilengkapi beragam fitur-fitur yang menarik dan spesifikasi yang jauh lebih baik dari PC. 

Hingga saat ini ada banyak sekali sekali produsen laptop memasarkan produknya dibanyak negara dengan beragam fitur dan spesifikasi yang terbilang canggih. 

Akhirnya, terkadang ketika mayoritas orang ingin membeli laptop baru, sempat pusing dibuatnya. Bagaimana dengan kamu saat ini?

Banyak juga kasus ditemukan, diantara dari mayoritas orang ketika sudah membelinya menimbulkan rasa penyesalan teramat dalam. 

Misalnya saja baru menyadari laptop yang dibelinya ternyata lebih mahal, performa-nya tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan untuk mendukung beragam aktivitas dan alasan-alasan lainnya.

Berbicara mengenai hal-hal dalam memilih laptop baru yang berkualitas tak harus mahal dan tak harus memilih merk yang bernilai dan sudah terkenal di pasaran atau berdasarkan design yang menarik. 

Namun alangkah bijaknya, pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget tergolong ekonomis.

Untuk itu jika kamu bingung dalam memilih laptop yang berkualitas, berikut di bawah ini ada beberapa cara memilih laptop baru berkualitas yang sudah admin rangkum dari berbagai sumber. Silahkan disimak ya ulasannya. 

Pilihlah Sesuai dengan Kebutuhan

Bicara tentang masalah memilih laptop berdasarkan kebutuhan, sangat erat kaitannya dengan spesifikasi dari laptop itu sendiri.

Apa saja kebutuhanmu saat ini?

Prosesor

Langkah pertama yang dipikirkan adalah memilih prosesor. Untuk laptop dan Personal Computer tersedia 2 (dua) produsen prosesor ternama yaitu Intel dan AMD. Mulailah dari sini untuk menentukan laptop baru yang berkualitas.

Jika kamu ingin pemrosesan dan multi-tasking yang kuat silahkan pilih prosesor Intel. Prosesor yang miliki paduan warna biru ini juga terkenal dengan hemat daya dan teknologi Hyper Threading yang membuat pekerjaan multitasking menjadi lebih lancar.

Selanjutnya, jika kamu seorang gamer bisa pilih prosesor AMD. Karena dengan memilih AMD biasanya sudah mendukung kartu grafis yang mendukung untuk bermain game yang “cukup” berat. 

Selain tersedia kartu grafis, AMD juga terkenal dengan harga yang lebih ekonomis daripada Intel. Hanya saja untuk AMD ini memiliki konsumsi daya lebih besar dan memiliki suhu yang lebih tinggi.

Atau sebaliknya, jika kamu seorang pelajar maka laptop yang cocok cukup menggunakan prosesor core i3 tanpa VGA. Pertimbangannya dikarenakan, pada umumnya seorang pelajar hanya menggunakan laptop untuk keperluan sekolah dan membuka aplikasi atau program tidak terlalu membutuhkan resources tinggi.

RAM dan VGA

Selain memilih jenis prosesor, langkah berikutnya adalah kamu harus memperhatikan spesifikasi penggunaan RAM dan VGA. 

Jika penggunaan laptop diperuntukkan design grafis atau bermain game, tentu saja spesifikasi penggunaan RAM dan VGA harus tinggi. 

Misalnya, memilih type prosesor intel seri i7 ke atas dengan RAM minimal DDR4 4 GB dan VGA minimal 1 GB.

Namun sebaliknya jika digunakan hanya untuk kebutuhan standar, seperti mengetik, browsing dan aktivitas sederhana lainnya maka kamu cukup memilih laptop dengan spesifikasi RAM DDR4 2 GB dan VGA 512 MB atau 1 GB.

Daya Tahan Baterai

Ketika kamu memiliki waktu lebih banyak di depan laptop, maka sangat disarankan untuk memilih laptop yang mendukung kapasitas baterai dengan kemampuan bertahan hingga 5-8 jam. 

Mengapa hal ini begitu penting? Karena daya tahan baterai sangat membantu untuk menunjang aktivitas kamu di luar ruangan. Terlebih lagi saat kamu jauh dari sumber listrik.

Laptop dengan daya tahan baterai yang cukup panjang biasanya dibutuhkan bagi seorang gamer dan pebisnis. 

Jika kamu ingin membelinya, jangan lupa tanyakan kepada penjualnya, berapa lama rata-rata sebuah laptop dapat menyala. 

Pada zaman sekarang ini berkat kemajuan teknologi, baterai laptop model terbaru telah memiliki ketahanan baterai hingga 20 jam. Pasti, kamu juga akan sangat mempertimbangkannya.

Merk/ Brand Laptop

Sama saja seperti ketika kita memilih produk lainnya seperti pakaian, smartphone dan sebagainya. 

Dalam hal memilih laptop yang berkualitas juga harus memperhatikan merk. Namun, perlu diingat kembali dalam hal memilih brand laptop, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget kamu saat ini.

Saat sekarang ini ada banyak sekali produsen laptop. Sebagai konsumen atau calon pembeli, tentunya kita harus menjadi smart buyer. 

Jangan sampai memilih merk laptop yang tidak jelas asal usulnya. Hal ini terkait dengan ketahanan dalam hal penggunaan. 

Jangan sampai juga karena kita memilih laptop yang tidak jelas asal usulnya, belum 1 tahun penggunaan laptop tidak bisa digunakan dan mengalami banyak kerusakan.

Memiliki Masa Garansi

Langkah selanjutnya dalam hal memilih laptop baru yang berkualitas yakni dengan memperhatikan masa garansi dari laptop berapa lama. 

Hal ini sangat penting. Sebab, laptop yang diproduksi secara massal oleh vendor tentunya memiliki ketidak-sempurnaan. 

Misalnya saja pada speknya yaitu pada bagian harddisk, mother board dan lain sebagainya.

Ketika bagian tersebut rusak atau tidak berfungsi dengan baik, kamu dapat mengklaim garansi. 

Maka pihak produsen pun akan memperbaiki atau menggantikan laptop kamu dengan yang baru kembali. 

Selain itu, pastikan masa garansi dari laptop memiliki waktu yang lama. Paling tidak 1-2 tahun setelah penggunaan. Semakin lama masa garansinya, maka itu jauh lebih baik.

Lokasi Service Center

Mayoritas kebanyakan calon pembeli laptop baru tidak terlalu memikirkan hal ini. Padahal sangat penting bagi kondisi laptop di masa mendatang. 

Jangan pikirkan sekarang, namun masa depan nanti. Bagaimana jika laptop timbul beberapa masalah misalnya terjadi kerusakan pada harddisk, monitor tidak menyala dan sebagainya.

Maka dari itu, carilah brand laptop yang memiliki lokasi Service Center dekat dengan tempat tinggal kamu. 

Saran saja jika laptop memiliki masalah jangan bawa ke tempat service biasa, bawalah ke service center merk laptop tersebut untuk mendapatkan penanganan khusus.

Demikianlah beberapa poin penjelasan singkat di atas tentang cara memilih laptop baru yang berkualitas. 

Selanjutnya yang perlu kamu ketahui, bahwa semua poin-poin di atas sangatlah penting dan patut kamu pertimbangan dengan matang. 

Terakhir, semoga kamu mendapatkan laptop terbaru yang berkualitas sesuai dengan keinginan kamu. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Memilih Laptop Baru yang Berkualitas"