Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Software atau Perangkat Lunak adalah

Perangkat Lunak

Jaringan Sibuk. Perangkat lunak aplikasi adalah semua perangkat lunak komputer yang menyebabkan komputer melakukan tugas-tugas yang berguna di luar menjalankan komputer itu sendiri.

Contoh spesifik dari perangkat lunak tersebut disebut aplikasi perangkat lunak, aplikasi, atau apk.

Istilah ini digunakan untuk membedakan perangkat lunak tersebut dengan perangkat lunak sistem, yang mengelola dan mengintegrasikan kemampuan komputer tetapi tidak secara langsung melakukan tugas yang menguntungkan pengguna. 

Perangkat lunak sistem melayani aplikasi, yang pada gilirannya melayani pengguna.

Contohnya termasuk perangkat lunak perusahaan, perangkat lunak akuntansi, suite kantor, perangkat lunak grafis, dan pemutar media. 

Banyak program aplikasi terutama berurusan dengan dokumen. Aplikasi dapat dibundel dengan komputer dan perangkat lunak sistemnya, atau dapat diterbitkan secara terpisah.

Perangkat Lunak
Bundel Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi menerapkan kekuatan platform komputasi tertentu atau perangkat lunak sistem untuk tujuan tertentu.

Beberapa aplikasi tersedia dalam versi untuk beberapa platform berbeda; yang lain memiliki persyaratan yang lebih sempit dan karenanya disebut, misalnya, aplikasi Geografi untuk Windows atau aplikasi Android untuk pendidikan atau game Linux. 

Terkadang muncul aplikasi baru dan populer yang hanya berjalan di satu platform, sehingga meningkatkan keinginan platform itu.

Terminologi Software atau Perangkat Lunak

Dalam teknologi informasi, aplikasi adalah program komputer yang dirancang untuk membantu orang melakukan suatu aktivitas. 

Dengan demikian, aplikasi berbeda dari sistem operasi (yang menjalankan komputer), utilitas (yang melakukan pemeliharaan atau tugas umum), dan alat pemrograman (yang dengannya program komputer dibuat). 

Bergantung pada aktivitas yang dirancang, aplikasi dapat memanipulasi teks, angka, grafik, atau kombinasi dari elemen-elemen ini. 

Beberapa paket aplikasi menawarkan daya komputasi yang cukup besar dengan berfokus pada satu tugas, seperti pengolah kata; lainnya, yang disebut perangkat lunak terintegrasi, menawarkan daya yang lebih sedikit tetapi mencakup beberapa aplikasi.

Perangkat lunak yang ditulis pengguna menyesuaikan sistem untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna. 

Perangkat lunak yang ditulis pengguna termasuk templat spreadsheet, makro pengolah kata, simulasi ilmiah, grafik, dan skrip animasi. 

Bahkan filter email adalah sejenis perangkat lunak pengguna. Pengguna membuat perangkat lunak ini sendiri dan sering mengabaikan betapa pentingnya itu.

Namun, penggambaran antara perangkat lunak sistem seperti sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi tidak tepat, dan terkadang menjadi objek kontroversi.

Misalnya, salah satu pertanyaan kunci dalam uji coba antimonopoli Amerika Serikat v. Microsoft adalah apakah peramban web Internet Explorer Microsoft merupakan bagian dari sistem operasi Windows atau perangkat lunak aplikasi yang dapat dipisahkan. 

Sebagai contoh lain, kontroversi penamaan GNU/ Linux sebagian disebabkan oleh ketidaksepakatan tentang hubungan antara kernel Linux dan sistem operasi yang dibangun di atas kernel ini. 

Dalam beberapa jenis sistem tertanam, perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem operasi mungkin tidak dapat dibedakan oleh pengguna, seperti halnya perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol VCR, pemutar DVD, atau oven microwave. 

Definisi di atas mungkin mengecualikan beberapa aplikasi yang mungkin ada di beberapa komputer di organisasi besar. 

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah "aplikasi" telah digunakan untuk merujuk secara eksklusif pada aplikasi untuk perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet, merujuk pada cakupannya yang lebih kecil dalam kaitannya dengan aplikasi yang digunakan oleh PC.

Perangkat lunak aplikasi terbagi dalam dua kategori umum; aplikasi horizontal dan aplikasi vertikal. 

Aplikasi horizontal adalah yang paling populer dan tersebar luas di departemen atau perusahaan. 

Aplikasi vertikal adalah produk khusus, dirancang untuk jenis bisnis atau divisi tertentu dalam sebuah perusahaan.

Jenis Software atau Perangkat Lunak

Ada banyak jenis perangkat lunak aplikasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

Suite Aplikasi

Sebuah suite aplikasi terdiri dari beberapa aplikasi yang digabungkan menjadi satu. 

Mereka biasanya memiliki fungsi, fitur, dan antarmuka pengguna yang terkait, dan mungkin dapat berinteraksi satu sama lain, mis. membuka file satu sama lain. 

Aplikasi bisnis sering kali datang dalam suite, mis. Microsoft Office, OpenOffice.org dan iWork, yang menggabungkan pengolah kata, spreadsheet, dll.; tetapi suite ada untuk tujuan lain, mis. grafis atau musik.

Perangkat Lunak Perusahaan

Perangkat lunak perusahaan memenuhi kebutuhan proses organisasi dan aliran data, seringkali dalam lingkungan terdistribusi yang besar. 

Contohnya termasuk sistem keuangan, sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan perangkat lunak manajemen rantai pasokan. 

Perangkat Lunak Departemen adalah sub-jenis perangkat lunak perusahaan dengan fokus pada organisasi atau kelompok yang lebih kecil dalam organisasi besar. 

Contohnya termasuk manajemen biaya perjalanan dan Meja Bantuan TI.

Perangkat Lunak Infrastruktur Perusahaan

Perangkat lunak infrastruktur perusahaan menyediakan kemampuan umum yang diperlukan untuk mendukung sistem perangkat lunak perusahaan. 

Contohnya termasuk database, server email, dan sistem untuk mengelola jaringan dan keamanan.

Perangkat Lunak Pekerja Informasi

Perangkat lunak pekerja informasi memungkinkan pengguna membuat dan mengelola informasi, seringkali untuk proyek individu dalam suatu departemen, berbeda dengan manajemen perusahaan. 

Contohnya termasuk manajemen waktu, manajemen sumber daya, alat dokumentasi, analitis, dan kolaboratif. 

Pengolah kata, spreadsheet, klien email dan blog, sistem informasi pribadi, dan editor media individual dapat membantu dalam berbagai tugas pekerja informasi.

Perangkat Lunak Akses Konten

Perangkat lunak akses konten digunakan terutama untuk mengakses konten tanpa pengeditan, tetapi dapat mencakup perangkat lunak yang memungkinkan pengeditan konten. 

Perangkat lunak tersebut memenuhi kebutuhan individu dan kelompok untuk menikmati hiburan digital dan konten digital yang dipublikasikan. 

Contohnya termasuk pemutar media, browser web, dan browser bantuan.

Perangkat Lunak Pendidikan

Perangkat lunak pendidikan terkait dengan perangkat lunak akses konten, tetapi memiliki konten dan/atau fitur yang disesuaikan untuk digunakan oleh pendidik atau siswa. 

Misalnya, mungkin memberikan evaluasi (tes), melacak kemajuan melalui materi, atau menyertakan kemampuan kolaboratif.

Perangkat Lunak Simulasi

Perangkat lunak simulasi mensimulasikan sistem fisik atau abstrak baik untuk tujuan penelitian, pelatihan, atau hiburan.

Perangkat Lunak Pengembangan Media

Perangkat lunak pengembangan media menghasilkan media cetak dan elektronik untuk dikonsumsi orang lain, paling sering dalam lingkungan komersial atau pendidikan. 

Ini termasuk perangkat lunak seni grafis, perangkat lunak penerbitan desktop, perangkat lunak pengembangan multimedia, editor HTML, editor animasi digital, komposisi audio dan video digital, dan banyak lainnya.

Perangkat Lunak Rekayasa Produk

Perangkat lunak rekayasa produk digunakan dalam mengembangkan produk perangkat keras dan perangkat lunak. 

Ini termasuk desain berbantuan komputer (CAD), teknik berbantuan komputer (CAE), alat pengeditan dan kompilasi bahasa komputer, lingkungan pengembangan terintegrasi, dan antarmuka pemrogram aplikasi.

Aplikasi juga dapat diklasifikasikan berdasarkan platform komputasi seperti sistem operasi tertentu, jaringan pengiriman seperti dalam komputasi awan dan aplikasi Web 2.0, atau perangkat pengiriman seperti aplikasi seluler untuk perangkat seluler.

Sistem operasi itu sendiri dapat dianggap sebagai perangkat lunak aplikasi saat melakukan tugas penghitungan, pengukuran, rendering, dan pengolah kata sederhana yang tidak digunakan untuk mengontrol perangkat keras melalui antarmuka baris perintah atau antarmuka pengguna grafis. 

Ini tidak termasuk perangkat lunak aplikasi yang dibundel dalam sistem operasi seperti kalkulator perangkat lunak atau editor teks.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Software atau Perangkat Lunak adalah"