Widget HTML #1

Peran Teknologi Komunikasi dalam Masyarakat

Peran Teknologi Komunikasi

Jaringan Sibuk. Teknologi telekomunikasi merupakan salah satu teknologi yang berkembang dengan sangat cepat.

Teknologi komunikasi sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. 

Teknologi ini merupakan segala sesuatu yang dapat membantu manusia dalam penyampaian dan penyebarluasan informasi dengan menggunakan berbagai media. 

Teknologi komunikasi dapat meningkatkan kinerja serta memungkinkan semua kegiatan dapat terselesaikan dengan cepat, tepat, akurat dan meningkatkan produktivitas kerja karena teknologi komunikasi dapat menyampaikan informasi yang berkualitas dan sangat relevan baik untuk keperluan pribadi, bisnis, kesehatan, hobi, dan rohani maupun pemerintahan. 

Manusia sebagai makhluk sosial akan selalu membutuhkan orang lain. 

Kita dapat dengan mudah saling berinteraksi dengan cepat menggunakan teknologi komunikasi yang memungkinkan kita berinteraksi dengan orang lain di mana pun. 

Dengan Internet kita dapat berinteraksi tanpa batasan jarak fisik, waktu, kelas ekonomi, ras, negara atau jarak geografis. 

Teknologi ini tidak bisa dipungkiri memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kehidupan manusia. 

Mulai dari wahana teknologi yang paling sederhana berupa perangkat radio dan televisi hingga internet dan telepon genggam dengan protokol aplikasi tanpa kabel (WAP), informasi mengalir dengan sangat cepat dan menyeruak ruang kesadaran banyak orang. 

Perubahan informasi kini tidak lagi ada dalam skala minggu atau hari atau bahkan jam, melainkan sudah berada dalam skala menit dan detik.

Berikut di bawah ini adalah gambaran perbandingan hasil kerja antara cara manual dan penerapan teknologi komunikasi yang merupakan dari beberapa (dari sekian banyak) Peran Teknologi Komunikasi dalam masyarakat, yaitu sebagai berikut:

  • Transfer dokumen (document transfer) yang dahulu 3 hari (dengan surat pos), sekarang (dengan faximile/ e-mail) hanya 45 detik. 
  • Operasional penerbangan (airline operation) dahulu 20 menit sekarang hanya 30 detik. 
  • Pemesanan PC (build to order PC) yang dahulu 6 hari, sekarang hanya 24 jam. 
  • Proses Analisis perdagangan (trading analytics) dahulu membutuhkan waktu 30 menit sekarang hanya membutuhkan 5 detik. 
  • Supply chain updates, yang dahulu 1 hari sekarang hanya 15 menit. 
  • Penyelesaian dagang (trade settlement) yang dahulu 3 hari, sekarang hanya 1 hari. 
  • Penelusuran posisi keuangan (track financial position), yang dahulu membutuhkan waktu 1 hari penuh, sekarang hanya 5 menit. 
  • Aktifasi telepon (phone activation) yang dahulu 3 hari sekarang hanya 1 jam. 
  • Pemulihan gudang data (refresh data warehouse) yang dahulu 1 bulan sekarang hanya 1 jam. 
  • Pertanyaan-pertanyaan yang diterima oleh call center (call center inquiries), yang dahulu membutuhkan waktu 8 jam, dengan bantuan expert information system sekarang hanya membutuhkan waktu 10 detik. 

Demikianlah beberapa contoh yang telah disebutkan di atas yang merupakan beberapa Peran Teknologi Komunikasi dalam Masyarakat, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang TIK.

Terima Kasih.

Salam Literasi Digital.

Post a Comment for "Peran Teknologi Komunikasi dalam Masyarakat"