Widget HTML #1

Teknologi Informasi (TI), Pengertian dan Perbedaan TI Konvensional dan Modern

Teknologi Informasi

Jaringan Sibuk. Teknologi Informasi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah data sehingga data dapat diubah menjadi informasi. 

Pada saat ini, teknologi informasi lebih banyak diperankan oleh penggunaan komputer

Namun dalam perkembangannya, teknologi informasi ini bukan saja komputer, namun dapat berupa peralatan lain yang mempunyai prinsip kerja yang sama atau dapat berfungsi sebagai pengganti komputer, misalnya handphone, iphone dan tablet.

Pengertian Teknologi Informasi

Pada saat ini, orang sering kali menyebutkan nya bahwa kehidupan kita sekarang ini tidak lepas dari peran “teknologi informasi”. 

Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan kata tersebut? 

Ada yang menyebutkan bahwa teknologi informasi identik dengan komputer. 

Lalu apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian dari teknologi informasi? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering dilontarkan. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya kita terlebih dahulu harus memahami pengertian sebenarnya dari istilah “teknologi informasi”.

Teknologi informasi (information technology) biasa juga disebut dengan TI, IT, atau infotech

Para ahli telah banyak memberikan berbagai definisi tentang teknologi informasi sesuai dengan konsep dan cara pandang mereka dalam melihat hal tersebut.

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. 

TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. 

Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi. 

Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Teknologi adalah cara atau metode serta proses atau produk yang dihasilkan dari pemanfaatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan mutu kehidupan manusia (Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian dan Pengembangan dan Penerapan ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Menurut Gordon B Davis: Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau nilai yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang maupun yang akan datang. 

Menurut Burch dan Stater: Informasi adalah penggabungan atau pengolahan data untuk menghasilkan atau memberikan pengetahuan dan pengertian.

George R. Tery, PhD: Informasi adalah data penting yang dapat memberikan (mengandung) informasi yang penting.

Perbedaan Teknologi Informasi (TI) Konvensional dan Modern

Teknologi Informasi (TI) Konvensional

  • Membutuhkan waktu yang lama karena bersumber pada sesuatu yang bersifat nyata, contohnya bersumber dari buku.
  • Informasinya masih bersifat mengulang-ulang atau kurang kreasi dalam mengembangkan Informasi itu sendiri dan seni mengajar nya, dan biasanya merupakan buku dan catatan yang sama sepanjang tahun.
  • Dalam mendapatkan informasinya masih mengalami keterbatasan financial dan jarak lokasi.
  • Cenderung menggunakan metode tatap muka.

Teknologi Informasi (TI) Modern

  • Membutuhkan waktu yang relative singkat, lebih terbuka dan fleksibel karena bersumber dari sesuatu yang berbasis elektronika seperti internet.
  • Informasinya bukan hanya berpaku pada buku yang sama namun relatif berinovasi serta berkembang sesuai perkembangan zaman dan teknologi seperti CD Tutorial, E-Book atau pun buku-buku online lainnya yang dapat diakses kapanpun. 
  • Relative lebih murah dan dapat mengakses apa saja, kapan saja dan dimana saja tanpa batasan jarak/ lokasi.
  • Perpaduan antara metode tatap muka dengan metode online (via internet dan berbagai pengembangan teknologi informasi lainnya.

Demikian informasi mengenai Teknologi Informasi (TI), Pengertian dan Perbedaan TI Konvensional dan Modern, semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Literasi Digital.

Post a Comment for "Teknologi Informasi (TI), Pengertian dan Perbedaan TI Konvensional dan Modern"