Panduan untuk Pengguna Portal POS Materai Elektronik

Table of Contents

Panduan untuk Pengguna


Jaringan Sibuk - Berikut di bawah ini adalah Panduan untuk Pengguna Portal POS Materai Elektronik yang akan Admin bagikan dan dapat di download pada akhir postingan nanti.

e-Meterai atau Materai Elektronik merupakan salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik.

Portal Point of Sales (POS) merupakan portal sistem Meterai Elektronik dari Distributor Meterai Elektronik yang terdaftar resmi di Peruri yang diperuntukkan untuk wajib pajak non pemungut dalam menggunakan Materai Elektronik (e-Materai). 

Adapun fitur yang terdapat pada Portal Point of Sales (POS) antara lain adalah sebagai berikut:

  • Registrasi
  • Login 
  • Pengelolaan Akun Parent - Child
  • Pembelian Kuota Meterai Elektronik
  • Pembubuhan Meterai Elektronik
  • Melihat Informasi Kuota
  • Melihat Riwayat Pembelian
  • Melihat Riwayat Pembubuhan
  • Melihat Profil

Adapun jenis calon pengguna pada Portal POS Meterai Elektronik antara lain adalah sebagai berikut:

Personal

Merupakan pengguna yang bersifat individu/ pribadi.

Enterprise

Merupakan pengguna dalam bentuk organisasi/instansi yang bukan termasuk dalam pemungut. Terbagi dalam 2 tipe akun yakni Parent dan Child. 

Akun Parent dapat menaungi banyak Child dan akun Child dapat menggunakan kuota yang dimiliki oleh akun Parent.

Wholesale

Merupakan pengguna yang bertindak sebagai rantai pasokan dan akan bekerja sama dengan distributor resmi meterai elektronik dalam prose distribusi/ menjual kembali.

Dari 3 (jenis) pengguna di atas lah yang kan dijelaskan secara detail dalam Panduan untuk Pengguna Portal POS Materai Elektronik.

Informasi selengkapnya mengenai Panduan untuk Pengguna Portal POS Materai Elektronik dapat Anda donwload pada tab unduhan di bawah ini:


Panduan Pengguna Portal POS Materai Elektronik


Untuk informasi seputar Portal POS Materai Elektronik dapat dilihat pada artikel Tanya Jawab Seputar Portal POS Materai Elektronik.

Berikutnya informasi mengenai regulasi atau dasar hukum tentang materai dapat dilihat pada Undang-Undang tentang Bea Materai.

Demikianlah informasi yang dapat Admin sampaikan mengenai Panduan untuk Pengguna Portal POS Materai Elektronik, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment