Widget HTML #1

Petunjuk Penggunaan Buku Panduan ARKAS 4 (Versi 4.1.2)

Buku Panduan ARKAS 4


Jaringan Sibuk - Petunjuk Penggunaan Buku Panduan ARKAS 4 (Versi 4.1.2) akan Admin informasikan kepada Anda semua.

Petunjuk Penggunaan Buku Panduan ARKAS 4 (Versi 4.1.2) merupakan tema pada artikel kali ini yang akan Admin share atau bagikan kepada Anda sebagai pengunjung blog ini.

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, selanjutnya disingkat ARKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

ARKAS 4 merupakan sistem yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggaran, implementasi dan penatausahaan, serta pertanggungjawaban dana BOS di satuan pendidikan dasar maupun menengah secara nasional. 

Hadirnya ARKAS 4 dimaksudkan agar semua pengelolaan BOS lebih transparan, akuntabel, dan berkesinambungan. 

Selain itu, tujuan peluncurannya guna memberi kesederhanaan administratif, khususnya rekapitulasi keuangan di sekolah. Sehingga, satuan pendidikan akan lebih mudah mengatur manajemen keuangan demi meningkatkan mutu pendidikan di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, ARKAS 4 hadir dengan mengusung 3 (tiga) fitur utama, yaitu sebagai berikut:

1. Penganggaran

Pada halaman tersebut, pengguna dapat melihat, menyusun, atau memperbaharui (update) kertas kerja (RKAS) untuk setiap sumber dana. 

Pada laman utama Penganggaran ditampilkan RKAS tiga tahun terakhir dengan status Draf, Perlu Revisi, dan Perlu Diajukan Ulang.

2. Penatausahaan

Pada laman tersebut, pengguna bisa melakukan pencatatan realisasi dana BOS satuan pendidikan atau memperbaharui Buku Kas Umum (BKU) setiap bulan.

3. Arsip

Salah satu fitur utama ARKAS 4, yaitu Arsip berguna untuk menemukan dokumen RKAS dan BKU sebagai berkas yang sama. 

Selain itu, pengguna juga bisa mencetak (print) laporan sesuai kebutuhan.

Berikutnya, Untuk memanfaatkan ARKAS 4, pengguna membutuhkan perangkat yang kompatibel dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Komputer dengan jenis prosesor Windows, minimal Windows 10, kapasitas memori (RAM) minimal 2 Gb, kapasitas hard drive minimal 1 Gb, serta resolusi layar minimal 1366x768.
  • Membutuhkan koneksi internet dan pengaturan zona waktu sesuai dengan jam lokal.
  • Pengguna   ARKAS   4 adalah  Tim  BOS    meliputi   kepala sekolah, bendahara sekolah, dan komite sekolah.
  • Mempunyai   Nomor    Pokok   Sekolah   Nasional (NPSN) yang terdaftar dalam Dapodik.
  • Memperoleh kode aktivasi ARKAS 4 dari dinas pendidikan setempat. 

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencarian informasi yang dibutuhkan pada Buku Panduan ARKAS 4 Versi 4.1.2, Anda dapat melakukan dengan 2 (dua) cara berikut ini:


Petunjuk 1

Masuk ke halaman Daftar Isi dan Klik judul materi yang ingin dikunjungi, Anda akan langsung diarahkan pada halaman tersebut.


Buku Panduan ARKAS 4
Petunjuk 1


Petunjuk 2

Klik Ctrl + F dan ketik kata kunci terkait informasi yang dibutuhkan pada kolom pencarian di sudut kanan atas, kemudian klik enter.


Buku Panduan ARKAS 4
Petunjuk 2


Anda akan diarahkan menuju halaman dengan informasi yang mengandung kata kunci terkait. 

Untuk Buku Panduan ARKAS 4 Versi 4.1.2 dapat Anda unduh disini.


Demikianlah informasi mengenai Petunjuk Penggunaan Buku Panduan ARKAS 4 (Versi 4.1.2) yang sudah Admin bagikan kepada Anda semua, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Petunjuk Penggunaan Buku Panduan ARKAS 4 (Versi 4.1.2)"