Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#8 Cara Mengurangi Risiko Sindrom Penglihatan Komputer

Computer Vision Syndrome

Dengan hampir semua hal di dunia yang dapat diakses dengan satu sentuhan layar, gaya hidup teknologi membuat setiap orang terus dapat terhubung. 

Tetapi bagi banyak dari kita, semua waktu layar itu ada harganya: Kita menderita Computer Vision Syndrome, juga disebut sebagai "ketegangan mata digital."

Apa itu Sindrom Penglihatan Komputer?

Seperti carpal tunnel syndrome tetapi mempengaruhi mata, Computer Vision Syndrome (CVS) adalah cedera gerakan berulang. 

Aktivitas menonton video, membaca layar teks, atau melihat ke atas dan ke bawah antara kertas di meja Anda dan layar Anda membutuhkan upaya yang signifikan dari otot mata Anda. 

Saat Anda menggunakan layar, mata Anda mengikuti jalur yang sama berulang-ulang, menyesuaikan lagi dan lagi. 

Semakin lama Anda menghabiskan waktu di belakang layar, semakin keras mata Anda harus bekerja.

Ketika mata Anda menjadi lelah karena gerakan berulang ini, Anda mungkin mulai mengalami gejala seperti sakit mata, iritasi, kemerahan, atau kekeringan. 

Anda mungkin juga melihat penglihatan kabur atau ganda. 

Dan Anda mungkin mendapati mata Anda bukan satu-satunya yang terpengaruh: sakit kepala, sakit leher, dan sakit punggung juga merupakan gejala umum.

Siapa yang Berisiko Mengalami Digital Eye Strain?

Tidak semua orang yang menggunakan layar komputer ataupun gadget akan mengalami masalah penglihatan, tetapi ini lebih umum dari yang Anda kira.

Mereka yang memiliki riwayat gangguan mata memiliki risiko lebih tinggi, seperti juga mereka yang membutuhkan kacamata tetapi tidak memilikinya, memiliki kacamata tetapi tidak memakainya, atau menggunakan resep yang salah untuk penggunaan komputer.

Computer Vision Syndrome tidak diperuntukkan bagi mereka yang menghabiskan delapan jam sehari di belakang layar. 

Anak-anak juga rentan. Anak-anak yang menatap layar bahkan untuk sebagian hari dapat mengalami gejala Sindrom Penglihatan Komputer, terutama jika pencahayaan dan posturnya buruk.

Apa yang harus saya lakukan jika saya merasa mengidap Computer Vision Syndrome?

Tidak ada bukti bahwa penggunaan komputer menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mata, tetapi gejala Computer Vision Syndrome dapat menyebabkan masalah dengan kinerja. 

Jika waktu layar yang diperpanjang datang dengan pekerjaan Anda, ada baiknya untuk mengambil tindakan pencegahan atau melakukan penyesuaian jika Anda sudah mengalami gejala. 

Berikut adalah 8 (delapan) hal yang dapat Anda lakukan untuk menopang mata Anda saat berada di belakang layar:

Perhatikan mata Anda

Jika mereka sakit, merasa tegang, atau penglihatan Anda kabur selama waktu layar, cobalah untuk sering berkedip untuk melembabkannya. 

Anda juga dapat mempertimbangkan obat tetes mata untuk mengatasi kekeringan.

Aturan 20/20/20

Coba aturan 20/20/20: Setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar Anda, fokus pada sesuatu yang berjarak sekitar 20 kaki, dan pertahankan pandangan Anda di sana selama sekitar 20 detik.

Sesuaikan Pencahayaan

Selanjutnya, sesuaikan pencahayaan Anda untuk mengurangi silau layar sebanyak mungkin atau tambahkan filter silau pada monitor komputer atau gadget Anda.

Mengatur Kecerahan Layar

Jangan ragu untuk mengubah kecerahan layar, kontras, dan ukuran font agar mata Anda dapat senyaman mungkin.

Kacamata Khusus

Tanyakan tentang kacamata yang dirancang khusus untuk penggunaan komputer untuk memastikan bahwa Anda melihat yang terbaik saat melihat layar atau perangkat. 

Studi menunjukkan bahwa paparan cahaya biru dari perangkat digital dapat berbahaya bagi kesehatan mata dan pola tidur Anda juga. 

Filter cahaya biru khusus tersedia untuk sebagian besar opsi lensa saat ini.

Atur Posisi Anda

Perhatikan postur Anda. Anda tidak ingin harus mencondongkan tubuh ke depan, membungkuk, atau meregangkan leher untuk melihat layar Anda. 

Posisikan monitor Anda sedikit di bawah ketinggian mata dan sekitar dua kaki dari wajah Anda.

Kertas sebagai Rujukan

Simpan kertas yang Anda rujuk setinggi mata dengan meletakkannya di atas dudukan di samping monitor Anda.

Konsultasi dengan Dokter Anda

Kunjungi dokter mata Anda secara teratur untuk memastikan Anda dirawat untuk semua masalah penglihatan, bahkan yang kecil.

Ketegangan mata digital lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki riwayat masalah mata atau penglihatan.

Jika Anda yakin Anda berisiko terkena Computer Vision Syndrome, mengalami ketidaknyamanan, rasa sakit, atau ketegangan saat menggunakan ponsel, tablet, komputer atau layar lainnya, hubungi dokter mata Anda dan jadwalkan janji temu untuk mendiskusikan gejala dan faktor risiko Anda Sindrom Penglihatan Komputer.

Untuk menentukan apakah Anda mengalami ketegangan mata digital, dokter mata Anda akan menyelesaikan pemeriksaan mata yang komprehensif, yang mungkin termasuk tes untuk membedakan bagaimana mata Anda merespons saat bekerja di depan komputer atau perangkat lain yang disaring.

Dokter mata Anda juga akan mempertimbangkan riwayat pribadi dan medis Anda untuk menentukan apakah unsur-unsur tertentu di lingkungan Anda, seperti pencahayaan yang buruk, postur tubuh yang tidak tepat, silau, atau obat-obatan tertentu, dapat berkontribusi pada gejala Anda.

Dengan dukungan yang tepat dari dokter mata Anda, Computer Vision Syndrome dapat diobati secara efektif sehingga Anda dapat terus melihat yang terbaik!

Semoga bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "#8 Cara Mengurangi Risiko Sindrom Penglihatan Komputer"