Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CVS Meningkatkan Masalah Penglihatan

Computer Vision Syndrome

CVS = Computer Vision Syndrome

Jaringan Sibuk. Jika Anda menggunakan komputer di tempat kerja, Anda mungkin sudah tahu bahwa seharian menatap layar komputer Anda dapat menyebabkan kelelahan mata, mata lelah, sakit kepala, nyeri otot, dan gejala sindrom penglihatan komputer (CVS) lainnya.

Tapi tahukah Anda bahwa CVS juga dapat menyebabkan lebih banyak kesalahan dan kehilangan produktivitas juga?

CVS Meningkatkan Masalah Penglihatan di Tempat Kerja

Menurut American Optometric Association (AOA), keluhan kesehatan yang paling sering di antara pekerja komputer adalah yang berhubungan dengan penglihatan.

Studi menunjukkan 50% hingga 90% pengguna komputer menderita gejala visual sindrom penglihatan komputer. 

Gejala-gejala tersebut termasuk kelelahan mata, mata kering atau iritasi mata, penglihatan kabur dan penglihatan ganda.

Dengan meningkatnya jumlah karyawan yang menggunakan komputer di tempat kerja, CVS menjadi masalah kesehatan masyarakat yang utama. 

AOA melaporkan bahwa sekitar 10 juta pemeriksaan mata dilakukan setiap tahun di Amerika Serikat karena masalah penglihatan yang terkait dengan penggunaan komputer.

Produktivitas Pekerja dan CVS

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Alabama di Birmingham (UAB) School of Optometry meneliti hubungan antara visi pekerja komputer dan produktivitas mereka di tempat kerja. 

Hasil Studi ini menemukan, yaitu sebagai berikut:

  • Ada korelasi langsung antara koreksi penglihatan yang tepat dan produktivitas.

Hubungan ini khususnya terbukti dengan tugas komputer yang kompleks dan/atau berulang seperti entri data.

  • Ada korelasi langsung antara koreksi penglihatan yang tepat dan waktu yang dibutuhkan pekerja komputer untuk melakukan tugas. 

Tugas yang berhubungan dengan komputer memakan waktu lebih lama ketika subjek memakai kacamata dengan koreksi yang kurang optimal untuk pekerjaan komputer.

  • Penurunan produktivitas

Penurunan produktivitas dari masalah penglihatan dapat terjadi bahkan jika pengguna komputer tidak menyadari memiliki masalah penglihatan. 

Kinerja pada tugas tertentu dapat menurun secara signifikan — sebanyak 20% — dari masalah penglihatan ringan.

“Data kami sangat menyarankan bahwa meningkatkan status visual pekerja yang menggunakan komputer menghasilkan produktivitas yang lebih besar di tempat kerja, serta meningkatkan kenyamanan visual,” kata Kent Daum, OD, PhD, kepala peneliti studi tersebut.

Kacamata Komputer dan Intinya

Menurut studi UAB, pengusaha yang berinvestasi dalam kacamata komputer untuk karyawan mereka dapat mengalami dampak positif pada keuntungan mereka dari program semacam itu.

Dari uraian atau penjelasan di atas bahwa para penulis penelitian dapat menyimpulkan, yaitu sebagai berikut:

  • Memberikan perawatan penglihatan komputer kepada semua karyawan yang menggunakan komputer, bahkan mereka yang tidak mengalami gejala CVS, menghasilkan peningkatan produktivitas yang signifikan dan penghematan biaya bagi pemberi kerja.
  • Masalah muskuloskeletal, yang mungkin disebabkan oleh masalah penglihatan terkait komputer, berpotensi dapat diminimalkan atau dihilangkan dengan memasukkan perawatan penglihatan komputer dalam program ergonomi yang komprehensif.
  • Karyawan yang melakukan tugas dengan persyaratan visual yang sangat menuntut, seperti akuntansi, pengeditan dokumen, pekerjaan CAD (desain berbantuan komputer), desain dan teknik elektronik, dapat memperoleh manfaat lebih banyak dari kacamata komputer daripada rata-rata pekerja komputer.
  • Program manfaat visi komputer kemungkinan juga akan mengurangi insiden klaim kompensasi pekerja di antara pekerja komputer.

“Studi kami menegaskan bahwa berinvestasi dalam kacamata komputer yang optimal untuk karyawan menghasilkan rasio biaya-manfaat yang signifikan,” kata Dr. Daum.

Terima Kasih.

Post a Comment for "CVS Meningkatkan Masalah Penglihatan"