Widget HTML #1

9 Tahapan Pengembangan Teknologi Digital

Teknologi Digital


Jaringan Sibuk - 9 Tahapan Pengembangan Teknologi Digital merupakan tema atau judul dari tulisan ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi mengenai 9 Tahapan Pengembangan Teknologi Digital.

Untuk itu, silahkan Anda simak penjelasan dari 9 Tahapan Pengembangan Teknologi Digital di abwah ini ya...

Era Revolusi Industri 4.0 mulai mengenal pemahaman cyber physical system.

Revolusi industri 4.0 menitikberatkan pada otomatisasi serta kolaborasi teknologi siber. 

Revolusi 4.0 ini memiliki ciri utama yaitu penggabungan antara teknologi informasi serta teknologi komunikasi dalam bidang industri. 

Hal ini mengubah banyak hal dalam segala aspek kehidupan manusia. 

Industri yang pada awalnya membutuhkan banyak pekerja guna proses operasionalnya, maka mesin teknologi menggantikan fungsi manusia.

Revolusi industri 4.0 ini memiliki 9 (sembilan) tahapan teknologi yang menjadi pilar utama dalam pengembangan setiap industri menjadi siap digital, sebagai berikut:

1. Internet of Pings atau IoT

Teknologi yang pertama dalam pengembangan di revolusi industri 4.0 adalah Internet of Things atau IoT. 

IoT memiliki konsep bahwa sebuah data objek dapat ditransfer lewat jaringan tanpa interaksi antar manusia. 

IoT merupakan sistem dari ragam perangkat komputasi, mekanis, serta mesin digital dimana semuanya terhubung jadi satu. 

Sistem IoT memiliki empat komponen terdiri dari perangkat sensor, konektivitas, pemrosesan data, serta antarmuka pengguna. 

Contoh produk dari teknologi IoT ini adalah Jarvis digunakan untuk lampu mati ketika sudah pagi hari, Gowes digunakan untuk bike sharing, eFishery digunakan untuk beri pakan ikan secara otomatis, Qlue digunakan untuk smart city, serta Hara digunakan untuk sektor pangan serta pertanian.

2. Big Data

Big Data (mahadata) adalah segala himpunan data dalam jumlah sangat besar, rumit, dan tidka terstruktur sehingga sukar ditangani dengan aplikasi pengolah data biasa. Big Data digunakan bisnis untuk acuan arah bisnisnya. Contoh penyedia layanan yang termasuk ke dalam penggunaan teknologi Big Data di Indonesia, misalnya, Sonar Platform, Paques Platform, Warung Data, Dattabot, dan lain-lain.

Teknologi yang kedua dalam pengembangan revolusi industri 4.0 adalah Big Data.

Big Data merupakan volume data dalam jumlah yang besar, baik data yang terstruktur maupun tidak terstruktur. 

Big Data sendiri telah digunakan pada banyak bisnis dan dapat membantu sebuah perusahaan menentukan arah bisnisnya. 

Berikut beberapa penyedia layanan yang termasuk ke dalam penggunaan teknologi Big Data di Indonesia, misalnya, Sonar Platform, Paques Platform, Warung Data, Databot, dan lain-lain.

3. Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi (2D) dengan benda tiga dimensi (3D) ke dalam lingkungan nyata, dan memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata, contohnya aplikasi chatbot. serta pengenalan wajah (face recognition).

Teknologi yang ketiga dalam pengembangan revolusi industri 4.0 adalah Augmented Reality (AR). 

Teknologi AR menggabungkan antara benda di dunia maya dua dimensi bahkan tiga dimensi dengan dunia nyata, kemudian benda maya diproyeksikan ke dunia nyata.

Contoh aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality ini adalah aplikasi Chatbot serta pengenalan wajah atau yang lebih dikenal face recognition.

4. Cyber Security

Cyber Security atau IT security adalah keamanan komputer atau keamanan digital, keamanan informasi yang yang terdapat pada komputer atau jaringan. Cyber Security merupakan upaya untuk melindungi segala informasi kerahasiaan, integritas serta ketersediaan informasi.

Teknologi yang keempat dalam pengembangan revolusi industri 4.0 adalah Cyber Security

Cyber Security adalah sistem upaya melindungi segala informasi dari segala jenis tindakan yang tidak baik misalnya mengganggu kerahasiaan atau confidentiality, integritas atau integrity, serta ketersediaan atau availability sebuah informasi.

5. Artificial Intelligence atau AI

Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang ditambahkan pada suatu sistem. Sistem ini bisa diatur dalam konteks ilmiah layaknya seorang manusia. Artificial Intelligence mampu mempelajari, dan menganalisa data yang diterima secara berkesinambungan.

Teknologi yang kelima dalam pengembangan revolusi industri 4.0 adalah Artificial Intelligence (AI). 

AI merupakan sebuah bentuk teknologi komputer atau mesin cerdas layaknya seorang manusia. 

Fungsi utama Artificial Intelligence adalah AI mampu untuk menerima, mempelajari, dan menganalisis data yang begitu banyak untuk kebutuhan aktivitas manusia.

6. Additive Manufacturing

Additive Manufacturing adalah pengembangan teknologi revolusi industri 4.0 sebagai terobosan baru di bidang industri manufaktur, dan sering menggunakan printer 3D. Kemajuan era teknologi di era digital mampu membuat gambar dengan desain digital, dan hasilnya seperti nyata dengan ukuran maupun bentuk yang dapat disesuaikan.

Teknologi yang keenam dalam pengembangan revolusi industri 4.0 adalah Additive Manufacturing

Additive Manufacturing merupakan sebuah terobosan baru di bidang industri manufaktur.

Contohnya adalah printer 3D. 

Gambar atau desain digital yang telah dibuat, dijadikan sebagai barang nyata dengan ukuran maupun bentuk yang dapat disesuaikan.

7. Simulation

Simulation adalah suatu proses peniruan dari realita yang ada sesuai dengan karakteristik kunci dari sistem. Simulasi teknologi yang digunakan untuk optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, serta pelatihan.

Teknologi yang ketujuh dalam pengembangan revolusi industri 4.0 adalah simulation yang merupakan bentuk perwakilan dari operasi waktu ke waktu.

Simulasi seringkali digunakan untuk berbagai konteks seperti dalam simulasi teknologi yang digunakan untuk optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, serta pelatihan.

8. System Integration

System Integration adalah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi, dan software aplikasi, baik secara fisik maupun secara fungsional.

Teknologi yang kedelapan dalam pengembangan yang terjadi revolusi industri 4.0 adalah sistem integrasi (System Integration).

Sistem ini merupakan sebuah rangkaian penghubung antara beberapa sistem baik secara fisik maupun fungsional. 

Sistem tersebut juga yang akan menggabungkan antara komponen sub sistem yang ada dalam satu sistem sehingga dapat menjamin setiap fungsi yang ada dapat bekerja dengan baik sebagai satu kesatuan dari sistem yang ada.

9. Cloud Computing

Cloud Computing atau komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dengan basis jaringan internet. Pengguna cloud computing dapat masuk ke konfigurasi server virtual.

Teknologi yang kesembilan dalam pengembangan revolusi industri 4.0 adalah cloud computing

Cloud computing yang merupakan teknologi internet saat ini sebagai pusat pengelolaan data maupun aplikasi. 

Para pengguna komputer diberikan hak akses sehingga mereka dapat masuk ke dalam konfigurasi server virtual lewat internet. 

3 (tiga) jenis model layanan dari cloud computing atau komputasi awan ini sendiri, yang terdiri sebagai berikut;

  • SaaS (Software as a Service) dan Cloud adalah komputasi cloud yang menyediakan produk, dan layanan melalui cloud.
  • PaaS (Platform as a Service) dan Cloud adalah aplikasi layanan komputasi cloud yang memungkinkan pelanggan untuk menyediakan, membuat instansi, menjalankan, dan mengelola sebuah aplikasi.
  • IaaS (Infrastructure as a Service) adalah sebuah layanan infrastruktur yang telah disediakan, dimana seseorang dapat memproses, menyimpan, berjaringan, serta memakai sumber daya yang diperlukan.

Metaverse

Sejak 1992 metaverse sudah ada dan berkembang tahun 2003 merupakan konsep teknologi masa depan. 

Topik ini ramai diperbincangkan di media sosial saat CEO Facebook mengubah nama induk perusahaan Facebook jadi Meta Platforms Inc. (Meta). 

Metaverse berarti ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia nyata, baik itu interaksi antara manusia maupun fungsi ekonomi.

Demikianlah informasi di atas mengenai 9 Tahapan Pengembangan Teknologi Digital yang telah Admin jelaskan secara singkat untuk Anda, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "9 Tahapan Pengembangan Teknologi Digital"