Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CPU atau Central Processing Unit

CPU

Jaringan Sibuk. CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware untuk memproses data utama dalam sebuah komputer. 

CPU atau Processing merupakan salah satu dari perangkat keras komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan menjalankan perintah sebagai perangkat lunak sehingga CPU sering disebut sebagai prosesor dengan kualitas teknologi CPU yang akan digunakan.

CPU juga termasuk pada kategori perangkat keras komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan menjalankan dari berbagai perintah pada perangkat lunak.

Kata CPU itu sendiri akan bertindak sebagai komponen yang dapat mengatur program yang dapat disimpan dalam memori utama pada pengambilan instruksi yang sesuai dengan perangkat lunak.

Mengenal CPU atau Central Processing Unit

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang terdapat dalam bahasa Indonesia atau Istilah lain sebagai prosesor yang dapat bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi pada perangkat komputer.

CPU akan mudah memahami dan menjalankan perintah data dari perangkat lunak komputer sehingga terdapat juga kecepatan eksekusi CPU tergantung pada frekuensi nya.

Dalam memproses semua perintah yang dapat melakukan operasi aritmatika dengan logis data memori sebagai informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras yang membuat komputer akan mudah beroperasi.

Semakin tinggi kecepatan prosesor maka semakin cepat untuk menjalankan kinerja komputer untuk produksi CPU mereka sebagai INTEL dan AMD.

Fungsi CPU Pada Perangkat Komputer

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa perangkat keras. 

CPU hampir sama seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kompleks dalam melakukan pemrosesan dari instruksi-instruksi yang diberikan. 

Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada RAM, setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. 

Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dipilih.

Selanjutnya adalah tentang beberapa fungsi dari CPU itu sendiri, yaitu sebagai berikut:

Fungsi Storing

Fungsi Storing dapat menyimpan data dari CPU sehingga seseorang yang akan menggunakan komputer dapat membutuhkan perangkat untuk menyimpannya secara permanen.

Fungsi Decoding

Fungsi Decoding adalah sistem CPU dengan program yang dapat dijalankan dengan kode instruksi sehingga dapat diterjemahkan pada CPU yang dapat mengenalinya pada kode biner.

Dengan demikian decoding sebuah proses yang dapat menerjemahkan suatu program ke dalam bahasa yang dimengerti oleh CPU sehingga dapat juga dilakukan dalam semua program.

Fungsi Executing

Fungsi Executing merupakan salah satu program yang dieksekusi oleh CPU yang dapat melakukan sesuatu sehingga perhitungan dengan menggunakan komponen CPU.

Maka Fungsi Executing disebut sebagai ALU atau Arithmetical Logical Unit yang bertanggung jawab untuk semua proses komputasi logis di pada komputer dan perangkat yang lainnya.

Fungsi Fetching

Fungsi Fetching adalah istilah yang dapat digunakan dalam komputasi sebagai mengambil atau memanggil data sehingga perangkat komputasi data dapat disimpan dengan alamat pada hard disk CPU.

Maka Fungsi Fetching Mirip dengan data dalam prosesor dalam CPU yang diatur pada kumpulan alamat program yang dijalankan pada CPU dengan mengambil data dalam komponen.

Komponen CPU atau Central Processing Unit

Suatu CPU setidaknya memiliki sebuah “prosesor” atau suatu chip yang tertanam didalamnya yang berfungsi dalam proses kalkulasi komputer. 

Namun, perkembangan teknologi yang semakin pesat juga memungkinkan sebuah CPU memiliki lebih dari prosesor atau yang juga disebut sebagai “processor core”.

Istilah-istilah yang sering kita dengar saat ini juga berasal dari perkembangan teknologi CPU tersebut misalnya teknologi “dual core” dimana dalam sebuah CPU terdapat dua processing core, maupun quad core yang memiliki empat processing core. 

Sebuah CPU yang canggih bahkan memiliki teknologi dengan enam (hexa core) maupun delapan processing core (octo core).

Demikian penjelasan singkat mengenai CPU atau Central Processing Unit, sebuah hardware yang sangat penting dan vital dalam sebuah komputer.

Terima Kasih.

Post a Comment for "CPU atau Central Processing Unit"