Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Kehidupan Masyarakat

Table of Contents

Peranan Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK)

Jaringan Sibuk. Abad informasi dimulai pada tahun 1957. Pada masa itu mayoritas pekerjaan manusia mulai berhubungan dengan informasi. 

Perkembangan teknologi informasi dimulai dengan adanya penggunaan teknologi yang sederhana. 

Namun saat ini, teknologi informasi dan komunikasi sudah sedemikian maju dengan banyak digunakannya peralatan komunikasi yang berukuran kecil, tetapi mempunyai kinerja yang tinggi. 

Dahulu banyak daerah terpencil yang tidak terjamah oleh teknologi informasi dan komunikasi. 

Kini masyarakat yang di daerah terpencil sudah dapat merasakan keberadaan teknologi informasi yang sudah maju. 

Teknologi informasi dapat kita rasakan dimana saja kita berada. 

Perkembangan tersebut telah membawa pengaruh yang besar pada berbagai bidang kehidupan manusia. 

Perkembangan informasi dipicu dengan munculnya komputer di tengah masyarakat. 

Istilah komputer sebenarnya tidak ada yang tahu persis kapan dikenal. 

Namun, dalam perkembangannya sudah mulai melibatkan proses komputasi. 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi tersebut memicu terjadinya suatu keadaan yang dikenal dengan istilah “ledakan informasi”. 

Kejadian ledakan informasi sebenarnya menjadi pertanda munculnya peluang dan tantangan yang akan dihadapi manusia di masa depan. 

Perkembangan volume informasi yang dihasilkan dan dikelola akan terus dan semakin menggelembung. 

Seiring dengan itu maka informasi pun meningkat pula baik jumlah maupun jenisnya. 

Pada masa tersebut manusia hidup dalam suatu tatanan masyarakat baru, yakni masyarakat informasi. 

Dalam masyarakat informasi, informasi dianggap sesuatu yang penting untuk menunjang setiap kegiatan manusia. 

Oleh karena itu, berbagai infrastruktur yang dibutuhkan dalam proses mengelola dan mendistribusikan informasi terus dihasilkan dan dikembangkan. 

Infrastruktur dalam proses produksi informasi antara lain teknologi komputer yang meliputi perangkat keras dan perangkat lunak nya. 

Sementara itu, dalam teknologi komunikasi berkembang teknologi jaringan komunikasi dan alat baca-nya.

Dalam menghadapi kebutuhan informasi tersebut, sampai saat ini nampak teknologi nya sudah cukup siap, terlihat dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara pengirim dan penerima yang berjauhan dalam waktu singkat sehingga batas ruang dan waktu seolah-olah menjadi semakin hilang. 

Salah satu contoh lain yang menjadi pemicu terjadinya perkembangan TIK adalah laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). 

IPTEK semakin hari semakin pesat perkembangannya. 

Hal tersebut disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang. 

Seorang pakar, Anton S. Philip (2001) dari RAND Corporation (Research and Development), lembaga think thank non profit berkelas dunia, menyatakan bahwa pada tahun-tahun mendatang akan terjadi integrasi/ fusi revolusi yang berkesinambungan pada laju perkembangan IPTEK, yaitu: Bio Teknologi, Nano Teknologi, dan Material Teknologi yang bersinergi dengan teknologi informasi dan komunikasi. 

Sinergi teknologi tersebut mendukung perkembangan TIK yang pada kenyataannya berhubungan langsung dengan kehidupan manusia. 

Kemajuan di bidang TIK telah mengubah wajah dunia dan menggeser pemahaman terhadap suatu kekuatan atau kedaulatan dari suatu negara. 

Kekuatan atau kedaulatan suatu negara tidak hanya semata-mata dinilai dari seberapa besar kekuatan militer atau ekonomi yang dimilikinya tetapi juga dari penguasaan dan pemanfaatan TIK-nya. 

Perkembangan TIK di suatu negara memberikan manfaat besar bagi kemajuan, kemakmuran, dan kejayaan suatu bangsa. 

Kemajuan TIK telah berpengaruh kepada perubahan hubungan antarbangsa, baik dalam masa damai maupun masa perang. 

Melalui pemanfaatan TIK yang konstruktif, hubungan sosial antarbangsa dapat terselenggara secara langsung dalam waktu relatif singkat dan tanpa hambatan apapun. 

Melalui TIK pula, kemajuan ilmu pengetahuan dapat tersebar luas di tengah-tengah masyarakat dunia. 

Adanya perubahan paradigma dalam strategi pembangunan bangsa dari era industri ke era informasi, memberikan implikasi terhadap terjadinya proses transisi perekonomian dunia yang semula berbasiskan pada sumber daya menjadi berbasis pengetahuan (Knowledge Based Economy). 

Di Indonesia, untuk mewujudkan terjadinya Knowledge Based Economy dibutuhkan penguasaan, pemanfaatan, dan pemajuan TIK yang berperan sebagai pendukung sekaligus muatan utama produk nasional. 

Beberapa manfaat yang diberikan TIK bagi satu bangsa, antara lain adalah sebagai berikut: 

  • Meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. 
  • Meningkatkan daya saing bangsa. 
  • Memperkuat kesatuan dan persatuan nasional. 
  • Mewujudkan pemerintahan yang transparan. 
  • Meningkatkan jati diri bangsa di tingkat internasional. 

Tidak dapat dihindari laju perkembangan TIK telah banyak digunakan untuk berbagai tujuan yang kontraproduktif, bahkan destruktif, baik oleh perorangan, kelompok bahkan oleh sebuah negara. 

Mereka mengeksploitasi informasi guna menyebarluaskan pengaruh dan dominasinya di dalam peperangan informasi (Information Warfare / Cyber Warfare). 

Kejahatan informasi tersebut merupakan ancaman bagi Ketahanan Nasional suatu bangsa. 

Ketidakmampuan menghadapi era cyber dapat menjadi ancaman apabila suatu bangsa dan negara yang tidak memiliki kapasitas atau kemampuan untuk memanfaatkan TIK secara baik, benar dan tepat guna. 

Salah satu bentuk potensi ancaman di abad informasi sekarang ini adalah dampak pengaruh media sosial via internet terhadap sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Namun, suatu kemustahilan untuk membendung derasnya arus informasi melalui beragam media sosial, seperti: facebook, twitter, dan sebagainya, yang sudah merupakan suatu kebutuhan mutlak bagi masyarakat yang hidup di abad informasi saat ini. 

Oleh sebab itu, dalam rangka pemenuhan serta terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap informasi melalui sarana prasarana TIK, harus dapat dikelola secara bijak dalam koridor Ketahanan Nasional demi kepentingan bangsa yang lebih besar. 

Demikian ulasan sepintas tentang Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Kehidupan Masyarakat kita. 

Oleh karena itu, pemahaman yang menyeluruh tentang teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan oleh masyarakat. 

Terima Kasih.

Salam Literasi Digital.

Post a Comment