Widget HTML #1

Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10

Jaringan Sibuk - Pada artikel kali ini admin akan mengulas secara singkat dan lugas mengenai 4 (empat) Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 pada komputer atau laptop yang kamu miliki.

Perangkat laptop atau komputer yang kamu miliki pasti memiliki banyak aplikasi atau software yang sudah ter-install, baik itu aplikasi untuk bermain game, entertainment, aplikasi editing atau aplikasi untuk menunjang kebutuhan kerja kamu.

Tapi ada kalanya kita tidak membutuhkan lagi aplikasi pada perangkat komputer kita, karena sudah bosan atau ada aplikasi lain yang lebih bagus, oleh karenanya kita dapat menghapus atau uninstall aplikasi di Windows yang tidak dibutuhkan lagi.

Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan juga dapat kamu lakukan ketika windows atau komputer memiliki resource yang terbatas, seperti kapasitas harddisk yang penuh dan RAM yang tidak memadai, dengan uninstall aplikasi atau software tertentu dapat membantu mengoptimalkan kinerja komputer atau laptop.

Lalu bagaimana cara uninstall aplikasi atau software pada windows? 

Pada umumnya uninstall aplikasi pada windows harus melewati beberapa langkah, tapi pada windows 10 untuk uninstall aplikasi atau software menjadi lebih mudah.

Silahkan disimak bagaimana cara uninstall aplikasi atau software pada windows 10 yang telah admin rangkum menjadi 4 (empat) cara di bawah ini:

Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu


Uninstall Aplikasi dan Software
Gambar 1


Cara yang pertama ini sangat mudah untuk dilakukan karena kamu dapat menghapus aplikasi atau pun program di Windows 10 secara langsung melalui menu Start. 

Caranya yaitu dengan mengarahkan pointer kamu ke pojok kiri bawah lalu klik ikon Start (logo Windows). 

Kemudian, pilih aplikasi yang ingin kamu uninstall dengan cara mencari nama aplikasi atau program tersebut pada kotak search.

Setelah kamu menemukan aplikasi atau program yang akan di-uninstall, klik kanan pada aplikasi atau program tersebut lalu pilih Uninstall dari menu dropdown yang muncul seperti pada gambar diatas.


Uninstall Aplikasi Melalui Apps & Features

Berikutnya masuk pada cara yang kedua, tidak kalah mudah dengan melalui Start Menu, pertama kamu ketikan Apps & Features pada pencarian di Windows, setelah ketemu silahkan kamu klik.


Uninstall Aplikasi dan Software
Gambar 2


Setelah masuk ke jendela Apps & Features untuk meng-uninstall aplikasi, kamu cukup klik pada aplikasi yang akan di-uninstall kemudian klik tombol Uninstall seperti pada gambar di bawah ini:

Uninstall Aplikasi dan Software
Gambar 3


Kemudian kamu tinggal menunggu sampai proses uninstall selesai, bagaimana, cukup mudah bukan?


Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Cara yang ketiga, kamu dapat uninstall aplikasi melalui control panel, dari kedua cara di atas, uninstall aplikasi windows melalui Control Panel tidak sesingkat kedua cara di atas, tapi admin pastikan tetap mudah untuk melakukannya. 

Berikut ini langkah-langkah uninstall aplikasi atau program melalui control panel.

Pertama, silahkan sobat buka Control Panel, kamu dapat membuka melalui pencarian windows dan ketikan Control Panel, setelah control panel dibuka Klik Uninstall a program.


Uninstall Aplikasi dan Software
Gambar 4


Maka kamu akan ditampilkan daftar aplikasi dan software yang ter-install pada komputer atau laptop kamu. 

Kedua, untuk melakukan uninstall aplikasi, silahkan kamu pilih aplikasi yang akan di-uninstall, Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu klik Uninstall.


Uninstall Aplikasi dan Software
Gambar 5


Bagaimana uninstall aplikasi di windows melalui Control Panel cukup mudah juga bukan? 

Perlu kamu ketahui bahwa uninstall aplikasi melalui control panel juga dapat dilakukan pada Windows 8, Windows 7 dan versi sebelumnya.


Uninstall Aplikasi Melalui Pihak Ketiga

Selanjutnya cara yang keempat atau terakhir, kamu dapat menggunakan bantuan software pihak ke-3. 

Disini admin akan menggunakan CCleaner untuk uninstall aplikasi atau software di Windows 10 pada komputer atau laptop.


Uninstall Aplikasi dan Software
Gambar 6


Dari keempat cara di atas kamu dapat memilih cara uninstall aplikasi atau software pada Windows 10 yang menurut kamu lebih mudah dilakukan.


Demikianlah penjelasan singkat dari artikel tentang Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10 Terbaru, semoga dengan membaca artikel ini kamu menjadi tahu bagaimana cara mudah uninstall aplikasi atau software pada Windows 10.

Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Uninstall Aplikasi dan Software di Windows 10"