Mengenal 9 (Sembilan) Perangkat Jaringan Komputer

Table of Contents

Jaringan Sibuk - Mengenal 9 (Sembilan) Perangkat Jaringan Komputer. Pada artikel kali ini Admin akan membagikan informasinya.

Di dalam sebuah perangkat jaringan komputer biasanya harus ada beberapa perangkat pendukung agar sebuah jaringan komputer dapat bekerja dengan baik.

Ada 9 (sembilan) perangkat jaringan komputer yang digunakan saat ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Server
  • NIC (Network Interface Card)
  • Kabel jaringan
  • Hub dan Switch
  • Router
  • Bridge
  • Modem
  • Repeater 
  • Wireless Card

Berikut di bawah ini adalah penjelasan tentang Mengenal 9 (Sembilan) Perangkat Jaringan Komputer:

Server


Perangkat Jaringan Komputer
Server


Server adalah istilah dalam komputasi, yaitu program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, yang disebut "klien".

Program komputer atau tata olah adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.

Klien dalam ilmu komputer adalah sebuah aplikasi atau sistem yang mengakses sebuah sistem layanan yang berada di sistem atau komputer lain yang dikenal dengan server melalui jaringan komputer.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. komputer adalah suatu perangkat keras yang sangat berkaitan dengan teknologi. komputer mampu membantu berbagai pekerjaan manusia.

Server adalah perangkat yang hampir mirip dengan harddisk, namun berbeda dengan harddisk, kapasitas server tentu lebih besar, dan server bisa diakses oleh beberapa jaringan komputer. 

Saat ini server menjadi lebih canggih dengan adanya koneksi internet yang biasa disebut Cloud Server atau VPS.

NIC (Network Interface Card)


Perangkat Jaringan Komputer
Network Interface Card


Network Interface Card disingkat NIC atau juga network card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. 

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. 

Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya.

Eternet adalah keluarga teknologi jejaring komputer untuk jaringan area lokal (LAN).

Gelang kepingan (token ring) adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi gelang (ring) yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969.

Sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter, disebut juga sebagai Network Adapter. 

Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

MAC address adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan taut data dalam model tujuh-lapisan OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

NIC merupakan LAN Card Expansion Board yang dipakai pada komputer agar bisa terhubung dengan jaringan yang lain. 

NIC atau Ethernet  memiliki berbagai tipe sesuai dengan kecepatan transfernya diantaranya adalah (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

Kabel Jaringan


Perangkat Jaringan Komputer
Kabel Jaringan


Kabel (serapan dari bahasa Belanda: kabel, dari bahasa Latin: capulum, berarti "tali") merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain.

Sinyal Elektrik adalah besaran elektrik terukur yang berubah dalam waktu dan atau dalam ruang, serta membawa informasi. 

Besaran ini bisa merupakan besaran elektrik murni, tetapi pada umumnya adalah besaran fisik lain yang dijadikan elektrik dengan bantuan sensor.

Pernahkah kamu melihat kabel jaringan dari router? atau kabel RJ45? 

Kabel jaringan adalah media penghubung satu perangkat dengan perangkat yang lain biasanya memakai shocket RJ45 yang bisa plug and play di laptop dan router. 

Sampai saat ini terdapat beberapa jenis kabel jaringan, antara lain: 

  • kabel coaxial, 
  • kabel fiber optic, dan 
  • kabel twisted pair.

Hub dan Switch


Perangkat Jaringan Komputer
Switch dan hub


Hub, hub Eternet, hub aktif, hub jaringan, hub pengulang, atau multiport pengulang adalah perangkat keras jaringan untuk menghubungkan beberapa perangkat Eternet bersama-sama dan menjadikannya bertindak sebagai segmen jaringan tunggal.

Pengalih jaringan (atau switch) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC).

Switch dan hub adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang dipakai untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi sebuah jaringan, atau menghubungkan beberapa komputer menjadi sebuah jaringan tertentu. 

Dari segi bentuk, switch dan hub bentuknya tidak jauh berbeda, namun jika dilihat segi fungsi switch berfungsi sebagai jembatan, dan hub sebagai penghubung dari jaringan lain.

Router


Perangkat Jaringan Komputer
Router


Perute atau penghala (bahasa Inggris: router) adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai perutean atau penghalaan.

Paket jaringan atau network packet adalah satuan informasi dasar yang dapat ditransmisikan di atas jaringan atau melalui saluran komunikasi digital.

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, dan berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". 

Dalam penggunaan sehari-hari, data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya.

Perutean adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah antar-jaringan (internetwork).

Router adalah perangkat jaringan yang sangat penting untuk menghubungkan jaringan satu ke jaringan lain, atau jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar. 

Router juga berfungsi sebagai firewall yang mampu mengelola lalu lintas di dalam jaringan. 

Dengan router transfer data akan lebih cepat, karena mampu menentukan jalur terbaik pengiriman paket, karena menyimpan semua alamat dalam suatu jaringan.

Cara kerja perute mirip dengan jembatan (bridge) jaringan, yakni mereka dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. 

Akan tetapi, perute berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (lapisan jaringan), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. 

Sementara itu, jembatan (bridge) jaringan berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (lapisan taut data), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni alamat MAC.

Bridge

Network bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan.

Bridge merupakan alat untuk meneruskan lalu lintas data dari jaringan yang lebih besar ke jaringan yang lebih kecil. 

Bridge juga berfungsi sebagai pembagi jaringan besar menjadi beberapa jaringan kecil.

Modem


Perangkat Jaringan Komputer
Source: Wikipedia


Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. 

Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. 

Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Modem adalah alat untuk menghubungkan komputer, handphone, laptop ke penyedia jasa internet. 

Biasanya modem memilki IP khusus untuk mengakses internet dari provider.

Repeater


Perangkat Jaringan Komputer
Repeater


Pada bidang telekomunikasi, pengulang (repeater) adalah sebuah perangkat elektronik yang menerima sinyal dan memancarkannya kembali. 

Pengulang digunakan untuk memperpanjang transmisi, sehingga sinyal dapat mencakup jarak yang lebih jauh atau dapat diterima di sisi lain dari suatu penghalang.

Repeater adalah alat untuk memperkuat sinyal wify menjadi lebih luas tanpa mengurangi kecepatan dari sebuah jaringan. 

Karena kita tahu wify memiliki keterbatasan jarak, oleh sebab itu jika ingin memiliki jaringan wify atau jaringan internet yang lebih luas kamu bisa menggunakan repeater.

Wireless Card

Wireless merupakan peripheral pada komputer yang berfungsi untuk menghubungkan laptop pada jaringan komputer tanpa menggunakan kabel. 

Wireless pada laptop lebih dikenal dengan nama WIFI atau Wireless Fidelity.

Wireless card adalah alat yang dipakai di komputer/ laptop untuk bisa terhubung dalam jaringan wify/ nirkabel. 

Biasanya laptop sudah memiliki wireless card, namun pada komputer PC belum ada. 

Untuk itu kamu bisa membeli wireless card untuk PC sendiri jika menginginkan jaringan internet dengan wify.


Demikianlah artikel tentang Mengenal 9 (Sembilan) Perangkat Jaringan Komputer yang dapat Admin bagikan pada kesempatan kali ini.

Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih. 

Post a Comment