Widget HTML #1

7 Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Not Responding


Jaringan Sibuk - Selamat datang kembali di Blog Jaringan Sibuk, pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai 7 Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya.

Ketika kamu sedang asyik bermain atau menggunakan komputer atau sedang mengedit video di komputer tiba-tiba komputer mengalami Not Responding atau Hang? 

Bila kamu pernah mengalami hal tersebut berarti komputer kamu menjalankan program atau aplikasi yang berat sehingga resource komputer tidak cukup.

Perlu kamu diketahui juga bahwa munculnya dialog box Not Responding tidaklah pasti disebabkan karena masalah software saja. 

Terkadang juga masalah tersebut kerap timbul karena masalah dengan hardware komputer atau komputer sendiri yang sudah tidak kompatibel.

Apabila kamu berniat untuk menginstall ulang komputer karena sering mengalami not responding, kamu dapat menunda dulu niat tersebut. 

Kamu dapat mengenali apa saja penyebab sehingga komputer mengalami not responding tersebut serta cara mengatasinya.

Berikut di bawah ini admin akan mencoba menjelaskan 7 Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya, silahkan disimak sampai tuntas ulasannya:


Banyaknya Aplikasi yang Terinstall

Terlalu banyak aplikasi atau program yang terinstall pada komputer adalah salah satu penyebab komputer sering Not Responding. 

Mengapa? Karena proses yang dilakukan oleh system komputer dalam membaca dan semua aplikasi atau program akan semakin berat, dan apalagi jika aplikasi tersebut mempunyai ukuran yang besar hal itu dapat memakan resource komputer yang besar.

Efeknya, komputer kamu akan menjadi sangat lambat dan akan sering mengalami Not Responding. 

Oleh sebab itu, uninstall aplikasi atau program yang sekiranya tidak kamu perlukan lagi. 


Banyak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan (Multitasking)

Jika kamu bekerja dengan komputer atau laptop, pastinya kamu sering menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan atau bahasa daerahnya adalah multitasking.

Dan memang multitasking akan sangat berguna dan akan mempercepat suatu pekerjaan kamu. 

Akan tetapi, terlalu banyak aplikasi yang terbuka akan mengakibatkan RAM komputer akan terkuras habis, dan lama-lama akan mengakibatkan Not Responding.

Jadi, usahakan kamu jangan membuka banyak aplikasi yang memang tidak dibutuhkan ketika sedang menggunakan komputer atau laptop

Jikalau pun itu memang diperlukan dan sedang terpaksa, usahakan aplikasi yang terbuka tidak lebih dari 3 (tiga) aplikasi saja.


Banyaknya Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Kadang tanpa kamu sadari saat menggunakan komputer ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. 

Aplikasi tersebut berjalan secara otomatis ketika kamu pertama kali menyalakan komputer atau laptop. 

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang juga akan mengambil banyak resource memori dan harddisk, akibatnya komputer akan menjadi sering Not Responding.

Cara mengatasinya, kamu dapat memeriksa daftar Startup yang berjalan. 

Untuk dapat memeriksa Startup, cukup buka Windows Run (Win+R) dan ketikkan msconfig (untuk win 7 kebawah). 

Sedangkan untuk Win 10 buka Task Manager, pada Tab Startup, selanjutnya hilangkan centang pada aplikasi yang sekiranya kamu tidak butuh.


Membuka Aplikasi yang Berat

Aplikasi atau software yang berat dapat menghambat kinerja komputer kamu, karena memakan banyak ruang memory dan harddisk

Contohnya seperti aplikasi Game online, aplikasi editing (Corel, Photoshop, Adobe), AutoCad, dan lain-lain.

Untuk cara mengatasinya, kamu dapat me-restart komputer lalu menutup aplikasi lainnya ketika kamu membuka aplikasi yang berat, dan yang pasti kamu harus upgrade komputer atau laptop kamu dengan spesifikasi yang lebih mumpuni.


Virus dan Malware

Berikutnya, virus atau malware yang berbahaya dapat juga merusak sistem pada windows, seperti otomatis mendownload aplikasi yang sama sekali tidak diperlukan ketika komputer terhubung ke internet. 

Bahkan bisa dikatakan aplikasi pengganggu, sehingga membuat kinerja komputer atau laptop kamu menjadi lebih berat walau hanya membuka sedikit aplikasi.

Cara mengatasinya, kamu dapat menggunakan aplikasi anti virus seperti McAfee dan Smadav. 

Tapi apabila virus tersebut sangat parah dan antivirus tidak dapat menghapusnya, kamu dapat melakukan install ulang windows (OS) pada komputer atau laptop.


Hardware

Seperti yang sudah admin jelaskan di atas sebelumnya, bahwa penyebab komputer mengalami Not Responding bukan hanya karena masalah software/ aplikasi atau sistem saja. 

Tapi juga dapat disebabkan oleh hardware pada komputer atau laptop yang kamu miliki. 

Seperti diantaranya adalah sebagai berikut:

Harddisk

Harddisk yang hampir penuh atau sudah penuh juga dapat menyebabkan masalah Not Responding. 

Ini dikarenakan komputer membutuhkan waktu lama untuk me-load seluruh file yang ada di dalam harddisk. 

Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan space yang longgar pada harddisk agar komputer dapat berjalan lebih lancar dengan cara menghapus file atau aplikasi yang tidak terpakai, mem-back up data file ke harddisk eksternal.

Selain itu kamu juga dapat melakukan upgrade harddisk, menggunakan harddisk yang memiliki kapasitas lebih besar dan kualitas lebih baik dari sebelumnya.

RAM

RAM adalah salah satu faktor utama yang turut menyebabkan sering mengalami Not Responding pada komputer atau laptop kamu. 

RAM merupakan ruang untuk memproses aplikasi, program dan sistem yang sedang berjalan. 

Oleh karena itu, apabila kapasitas RAM kamu pas-pas an dapat menyebabkan komputer mengalami not responding.

Cara mengatasinya, kamu dapat menghindari pemakaian aplikasi yang berat, penggunaan aplikasi secara bersamaan dan yang terakhir adalah upgrade RAM kamu dengan membeli RAM dan memasangnya di CPU. 

Contohnya apabila RAM pada komputer kamu sebesar 4 GB maka kamu dapat membeli RAM yang berukuran 4 GB lalu memasangnya, maka RAM komputer kamu menjadi 8 GB.

Dengan begitu dapat dipastikan kinerja komputer atau laptop akan lebih ringan dari sebelumnya. 


Komputer Sudah Uzur

Penyebab yang terakhir, semakin berkembangnya zaman, semua menjadi serba cepat, oleh karenanya apabila kamu ingin komputer bekerja dengan normal cepat dan tidak mengalami not responding, maka segeralah upgrade perangkat komputer kamu. 

Karena rata-rata komputer atau laptop mengalami not responding karena tidak kuat menjalankan program-program yang telah update setiap harinya.

Begitu juga aplikasi dan program zaman sekarang membutuhkan spesifikasi yang lebih. 

Admin sarankan untuk membeli komputer atau laptop dengan RAM minimal 8 GB dan harddisk 1 TB. 

Dengan spesifikasi tersebut di atas, admin pastikan komputer atau laptop kamu setidaknya akan kompatibel dengan aplikasi-aplikasi zaman sekarang


Demikianlah informasi dan ulasan mengenai 7 Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya. 

Dengan mengetahui 7 (tujuh) penyebab di atas, maka diharapkan kamu agar lebih bijak lagi dalam menggunakan komputer.

Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih. 

Post a Comment for "7 Penyebab Komputer Not Responding dan Cara Mengatasinya"