Teknologi Informasi: Pengenalan Sistem Komputer

Table of Contents

Pengertian Teknologi Informasi

Pada saat ini, orang sering kali menyebutkan nya bahwa kehidupan kita sekarang ini tidak lepas dari peran “teknologi informasi”, namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan kata tersebut?

Ada yang menyebutkan bahwa teknologi informasi identik dengan komputer. 

Lalu apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian dari teknologi informasi? 

Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering dilontarkan. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentunya kita terlebih dahulu harus memahami pengertian sebenarnya dari istilah “teknologi informasi”.

Teknologi informasi (information technology) biasa juga disebut dengan TI, IT, atau infotech. 

Para ahli telah banyak memberikan berbagai definisi tentang teknologi informasi sesuai dengan konsep dan cara pandang mereka dalam melihat hal tersebut.

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. 

TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. 

Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi. 

Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Teknologi adalah cara atau metode serta proses atau produk yang dihasilkan dari pemanfaatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan mutu kehidupan manusia (Pasal 1 ayat 2 UU Nomor 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian dan Pengembangan dan Penerapan ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Menurut Gordon B Davis: Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau nilai yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang maupun yang akan datang.

Menurut Burch dan Stater: Informasi adalah penggabungan atau pengolahan data untuk menghasilkan atau memberikan pengetahuan dan pengertian.

George R. Tery, PhD: Informasi adalah data penting yang dapat memberikan (mengandung) informasi yang penting.

Fungsionalitas Teknologi Informasi

Pengenalan Sistem Komputer
Gambar 1

Untuk memperoleh informasi, maka ada beberapa mekanisme atau fungsi yang dimiliki oleh Teknologi Informasi

Ada 6 (enam) fungsi pokok, yaitu sebagai berikut:

  • Capture, Obtain a representation of information in a form permitting it to be transmitted or stored;
  • Transmit, Move information from one place to another;
  • Store, Move information to a specific place for later retrieval;
  • Retrieve, Find the specific information that is currently needed;
  • Manipulate, Create new information from existing information throught summarizing, sorting, rearranging, reformatting or other types of calculations;
  • Display, Show information to a person.

Pengenalan Sistem Komputer
Gambar 2

Pengelompokan Teknologi Informasi

Seperti telah dikemukakan pada pembahasan sebelumnya bahwa teknologi informasi mencakup komputer dan teknologi komunikasi. 

Lebih lanjut, teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi 6 (enam) teknologi, yaitu sebagai berikut:

  • teknologi masukan, 
  • teknologi keluaran, 
  • teknologi mesin pemrosesan.

Komponen Sistem Teknologi Informasi

Secara umum pengertian dari sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. 

Suatu sistem teknologi informasi pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang bersifat fisik, seperti komputer dan printer, tetapi juga mencakup hal-hal yang tidak terlihat secara fisik, yaitu perangkat lunak atau software, dan yang lebih penting lagi adalah orang yang mengendalikan (brainware). 

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, komponen utama sistem teknologi informasi adalah berupa: 

  • Perangkat keras (hardware
  • Perangkat lunak (software), dan
  • Orang (brainware).

Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi

Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dalam berbagai klasifikasian yaitu sebagai berikut: 

  • Menurut fungsi sistem (embedded IT system, dedicated IT system, dan general purpose IT system), 
  • Menurut departemen dalam organisasi/ perusahaan bisnis (sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi, sistem informasi kepegawaian, dan lain ebagainya), 
  • Menurut dukungan terhadap level manajemen dalam organisasi/perusahaan (sistem informasi SDM, sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, dan sistem informasi eksekutif), 
  • Menurut ukuran, dan 
  • Menurut cara melayani permintaan (klien-server).

Peranan Teknologi Informasi

Peranan teknologi informasi pada masa kini tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi/ perusahaan, malainkan juga untuk kebutuhan perseorangan. 

Bagi organisasi/ perusahaan, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perseorangan maka teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk promosi diri dan mencari pekerjaan.

Teknologi informasi dapat dikatakan telah merasuki segala bidang kehidupan manusia dan ke berbagai lapisan masyarakat. 

Pada masa sekarang ponsel dengan kemampuan mengambil informasi dari Internet telah menjadi barang yang biasa dipakai orang banyak termasuk anak- anak untuk berkomunikasi, dan menjadikan jarak seperti bukan menjadi kendala lagi.

Orang menjadi terbiasa menggunakan surat elektronik (e-mail) dalam berkomunikasi yang sebelumnya menggunakan surat kertas konvensional (surat Pos). 

Kebanyakan orang lebih suka menggunakan program-program pengolah kata untuk membuat dokumen daripada memakai mesin ketik biasa.

Dan banyak lagi hal yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi informasi. 

Beberapa di antaranya akan disajikan pada artikel berikutnya untuk memberikan gambaran yang lebih jauh tentang hal tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai Teknologi Informasi: Pengenalan Sistem Komputer, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment